Peran Pendidikan dalam Pengembangan Karakter di Era 4.0

Peran Pendidikan dalam Pengembangan Karakter di Era 4.0
     Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga memiliki perannya pun yang berbeda-beda juga. pengembangan karakter adalah pendidikan yang berfokus pada penguatan nilai-nilai sehingga dapat menumbuhkan perilaku seseorang secara menyeluruh pada suatu nilai tertentu. Pendidikan karakter juga merupakan pendekatan secara menyeluruh yang bertujuan untuk menghubungkan nilai-nilai moral serta nilai-nilai sosial dalam diri seseorang di kehidupan sehari-hari.
     Karakter seseorang sudah ada dalam dirinya sejak ia masih kecil karena di dalam lingkungan keluarga pasti sudah diajarkan tentang karakter oleh orang tuanya, sehingga saat beranjak keluarga dari lingkungan keluarga seorang anak anak menerapkan karakter apa yang telah diajarkan kepadanya.
   Perkembangan dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0, dari perkembangan ini ditandai dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi di berbagai bidang, sehingga setiap orang dapat mengakses apapun dan dimanapun dan kapanpun dengan sendiri nya. Pendidikan pada era 4.0 merupakan pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Sehingga dalam kegiatan pembelajarannya cenderung menggunakan berbagai teknologi digital. Misalnya  saat ketika pandemi pembelajaran dilakukan dengan sistem online dan ujian online.
     Kemajuan teknologi dan informasi ini pun bagi siswa atau anak-anak pastinya memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positif nya adalah siswa atau anak-anak dapat menggunakan teknologi seperti handphone, laptop untuk kegiatan sekolah, membantu mereka menyelesaikan tugasnya. Sedangkan, dampak negatifnya adalah dengan adanya perkembangan ini maka anak-anak dengan semakin mudah akan mencari informasi-informasi yang sebenarnya belum diperbolehkan untuk mereka.
Angelina Putri Diana Ina