Pengaruh Gadget dalam Pendidikan

                                                                                                                Pengaruh Gadget dalam Pendidikan

Zaman perkembangan teknologi mulai berkembang pesat sekarang ini. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat besar terhadap dunia pendidikan. Pada saat ini berkembangnya teknologi banyak sekali yang berpangaruh pada anak salah satunya penggunaan gadget. Tidak hanya orang dewasa saja yang mengenal teknologi yang sudah canggih, tetapi teknologi juga berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini

Gadget bukan hanya dijadikan pembantu kehidupan ataupun alat komunikasi dengan dunia luar, tapi juga bisa dijadikan teman untuk mengisi waktu luang. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di gadget, akankah mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri

Lebih parah lagi ada yang menggunakan gadget untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Dampak positif dari gadget adalah mempermudah dalam pencarian informasi dan komunikasi, selain itu, dapat menjadikan pelajar tidak gagap teknologi. Untuk itu sangat diperlukan pembatasan serta arahan dari orang tua dalam menggunakan gadget. Tidak terkecuali untuk dunia pendidikan, banyak guru disekolah yang melakukan proses belajar dengan memanfaatkan teknologi gadget.

Banyak aplikasi-aplikasi penunjang pendidikan yang semakin lama semakin berkembang untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Gunakanlah gadget sebagaimana mestinya jangan terlalu berlebihan dan jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna yang dapat merugkan diri sendiri dan orang lain. Diharapkan juga kepada pelajar untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan handphone. Selain dilihat dari segi positif dalam hal efisiensi pengembangan pendidikan. Ada pengaruh negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan untuk perkembangan anak.

Kemajuan teknologi gadget bagi pendidikan jika dilihat dari sisi negatifnya bisa mengakibatkan siswa malas. Kurangnya kesiapan siswa dalam menghadapi permasalahan dikarenakan lebih mengandalkan gadget daripada mencari solusi dengan cara dan ide yang dimiliki sendiri. Akan membuat seorang anak menjadi kecanduan untuk menggunakannya setiap waktu. Karena teknologi ini memiliki dua sisi yaitu, dampak positif dan dampak negatif. Maka dari itu pendidik dan orang tua punya peran untuk melakukan pengarahan dan pengawasan siswa dan anak-anak dalam menggunakan teknologi secara tepat.

Sumber : https://www.kompasiana.com/nurmauludah/5b453f83f13344612e421e32/pengaruh-gadged-dalam-pendidikan?page=all