TIPS MEMBENTUK KARAKTER ANAK

Membentuk anak yang berkualitas dapat dimulai sejak usia dini. Menurut Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd ada tiga tips yang dapat dilakukan orang tua dalam membentuk anak yang berkualitas. Berikut dalah 3 tips yang dapat membentuk karakter anak yang dapat dilakukan oleh orangtua.

  1. KONSISTEN

Orang tua dapat memulai membentuk pribadi anak dengan menerapkan pola hidup yang konsisten. Misalnya saat sedang menetapkan peraturan yang akan diterapkan di rumah, hendak nya orang tua juga harus sesuai dan mematuhi aturan yang berlaku. Serta tidak menghendaki adanya tarik ulur dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Ini bermanfaat agar anak pun dapat belajar dari orang tua dan orang tua pun dapat menjadi contoh yang baik bagi anak. Sikap tegas yang diterapkan oleh orang tua di rumah pun sangat diperlukan.

2. BERKELANJUTAN

Pembentukan karakter anak dapat terbentuk dengan baik, maka dari itu diperlukan sebuah struktur yang terus dan berkesinambungan. Berkelanjutan dalam membentuk karakter anak yang dimaksud adalah suatu proses membimbing, mengasuh, serta mendidik untuk dapat membentuk karakter anak. Cara untuk mendidik anak saat usia balita dan remaja pasti berbeda. Tentulah orang tua harus terus mencari tau tentang informasi yang berkaitan dengan pendidikan anak dan menerapkannya secara berkesinambungan sesuai dengan tingkat usia anak.

3. KONSEKUEN

Setiap orang tua juga harus konsekuen terhadap anak, jika ingin sungguh-sungguh membentuk karakter anak. Jika anak membuat suatu kesalahan, orang tua seharusnya dapat memberikan hukuman yang berifsat mendidik, dan juga memberikan pujian atau hadiah jika anak berbuat baik atau melakukan suatu kebaikan. Agar anak dapat benar-benar memahami mana hal yang baik dan mana hal yang buruk.

referensi artikel http://www.tipsanakbayi.com/2014/05/3-tips-membentuk-karakter-anak-berkualitas.html

referensi gambar vemale.com http://www.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/57244-membangun-keluarga-yang-bahagia-sebagai-cara-membentuk-karakter-anak.html

Novitasary Sisilia Situmorang