Apa saja hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh siswa siswi sekolah dasar ?

Tidakala kita sebagai seorang pendidik harus mengetahui apa saja hal yang menjadi kebutuhan siswa siswi kita hal tersebut dilakukan untuk membangun karakter mereka, nah kali ini saya akan membahas sekaligus menguraikan hal hal apa saja yang menjadi kebutuhan siswa siswi kita dengan tujuan untuk membangun relasi yang baik antara kita sebagai seorang guru dengan siswa siswi kita. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah :

  1. Be an attentive ear :

Kita sebagai seorang guru harus bisa menjadi telinga untuk siswa siswi kita, biarkan anak anak bercerita dan terbuka kepada kita, yang harus kita lakukan mendengarkan keluh kesah siswa siswi kita dengan baik agar mereka bisa merasa tenang. Sesekali kita boleh bertanya kepada siswa siswi kita tentang keluh kesah atau masalah pribadi anak anak tetapi gunakanlah kata-kata yang tidak menyinggung perasaan mereka dan simpanlah sendiri apa yang apa yang anak-anak ceritakan kepada kita tidak perlu kita umbar atau kita gosipkan dengan guru ataupun orang lain. Jika kita merasa tidak mampu untuk melakukan hal tersebut sebaiknya kita meminta bantuan kepada psikolog sekolah atau orang tua mereka. Tetap cobaah sebisa mungkin untuk mendekatkan diri kita ke anak tersebut dan beri dia perhatian agar ia bisa merasa lebih baik.

  1. Inspiration :

Kita sebagai seorang guru harus mampu menginspirasu siswa siswi kita seperti saat kita mendapatkan inspirasi-inspirasi dari orang lain yang membuat diri kita termotivasi, Kitapun juga harus bisa menjadi role model untuk mereka sehingga anak-anak bisa kita pastikan bahwa mereka termotivasi dari insprasi-inspirasi yang kita telah kita berikan.

  1. Love :

Cinta atau kasih sayang bukan hanya sekedar kita ungkapkan dengan melalui kata-kata saja, tetapi harus kita buktikan sacara nyata, karena anak-anak terutama kelas kecil yakni kelas 1,2, dan 3 bisa mengetahui mana guru yang benar-benar tulus kepadanya dan mana yang tidak benar-benar tulus mencintai dia, Kita sebagai seorang guru harus berusaha mencintai murid kita dengan tulus, tidak sentimentil tetapi benar benar tulus.

  1. Sturucture :

Kita sebagai seorang guru tidak boleh berprilaku seolah olah kitalah yang paling memiliki tanggung jawab penuh atas siswa siswi kita di dalam kelas. Seperti contohnya ketika mereka nakal atau melakukan hal-hal yang tidak sesuai yang kita inginkan kita mengancam mereka dengan bilang “nanti bapak akan bilangin ke ibu kepala sekolah” hal hal seperti ini yang menurut saya membuat siswa akan segan dan membuat jarak dengan kita, hal tersebut tentu tidak akan bagus untuk hubungan siswa denga guru kedepannya, karena hal tersebuat hanya akan membuat siswa tidak akan merasa nyaman berada di dalam kelas.

  1. Friendship :

Jalinlah hubungan atau relasi yang baik dengan siswa siswi kita seperti halnya pertemanan sebagai contohnya kita bisa memuji mereka ketika ada hal hal yang berbeda dengan penampilan mereka, tulisan mereka, atau hal hal yang lainnya. Buatlah hal-hal yang menyenangkan dengan mereka, jangan membuat image seorang guru adalah sosok yang membosankan dan tidak bersahabat dengan mereka, Perhatikanlah hal-hal kecil per individu dan pujilah jika ada sesuatu yang baru dan tentunya positif dari diri siswa siswi kita.

 

Jakobus Enga Leyn