Mengapa Sering Mengantuk Setelah Makan Siang?

Mengapa Sering Mengantuk Setelah Makan Siang?

Banyak orang beranggapan bahwa makanan merupakan sumber energi bagi hidup manusia. Terutama pada waktu siang hari, dimana aktivitas manusia pada rentan yang cukup intens. Kebanyakan dari kita berpikir makan di siang hari akan menambahkan energi supaya semakin bertenaga untuk melanjutkan aktivitas. Bahkan, terkadang makan siang juga yang dipilih untuk menjadi waktu makan berat untuk beberapa orang. Namun, hal yang sering terjadi adalah kita justru sering merasa ngantuk setelah makan siang (makan berat). Pernahkan kamu merasakan hal serupa?  

Jika kamu pernah merasakan hal serupa, tentu kamu juga pernah berpikir apakah ini berbahaya? Apakah hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh saya? Lalu, apa yang sebaiknya saya lakukan agar tidak mengantuk setelah makan siang? Kalau kamu orangnya, yuk, simak penjelasan di bawah dengan tuntas! 

Mengantuk setelah makan siang pada dasarnya bukanlah hal yang berbahaya. Namun, hal ini dianggap dapat mengganggu kita. Mungkin, seharusnya kita bisa menyelesaikan pekerjaan pada siang itu tapi, karena rasa kantuk pekerjaan kita justru tertunda karena tidak fokus. Faktor utama yang menyebabkan rasa mengantuk setelah makan siang karena adanya pengaruh hormon ketika proses pencernaan makanan terjadi. Pada dasarnya ketika terjadinya proses pencernaan, tubuh melepeskan hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon ini berfungsi mengatur bangun dan tidurnya tubuh. Serotonin juga berfungsi sebagai bahan untuk menghasilkan melantonin. Sehingga, kedua hormon inilah yang sangat berperan pada rasa kantuk yang timbul setelah kita makan. 

Selain itu, pengaruh hormon yang terlepas dari dalam tubuh, faktor mengantuk yang timbul setelah makan jugan dipengaruhi oleh beberapa hal: 

1. Jenis makanan dan minuman yang menimbulkan / memicu rasa kantuk 

Seperti: pisang, minuman berenergi, minuman beralkohol dan masih banyak lagi. 

Beberapa jenis makanan justru mengandung kandungan yang membuat tubuh justru merasa rileks dan tenang. Bahkan, ada beberapa jenis makanan juga yang ternyata menjadi sumber melatonin, loh! 

2. Perubahan aliran darah di otak 

Ketika proses pencernaan makanan terjadi, darah akan banyak dialirkan di pencernaan. Tujuannya agar tubuh dapat menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan. Sehingga, pada saat seperti ini proses aliran darah di otak menjadi berkurang dan membuat kita menjadi mudah mengantuk. 

3. Kurang tidur dan kurang berolahraga 

Tubuh kita butuh istirahat dan olahraga yang cukup agar semuanya berjalan secara optimal dan seimbang sesuai fungsinya masing-masing. Jadi, ketika tubuh kita tidak mendapat waktu istirahat dan olahraga yang cukup maka tubuh kita tidak terlalu bugar dan sehat dan malah berujung pada gangguan kesehatan. 

4. Gangguan kesehatan tertentu 

Orang dengan beberapa gangguan kesehatan tertentu akan membuat tubuhnya lebih mudah terasa lelah seperti diabetes,anemia dan hipotiroidisme.  

Ternyata faktor-faktornya cukup kompleks. Ada faktor utama yang memang terjadi secara alami sehingga mengakibatkan orang mengantuk setelah makan siang. Namun, ada juga faktor-faktor pendukung lainnya yang hanya kita sendirilah yang mampu mengontrol. Maka, kita juga harus pandai dalam memilih jenis makanan. Tentunya harus yang bergizi seimbang supaya kita tidak mudah mengantuk lagi saat makan siang. Jangan lupa juga untuk menjaga kualitas tidur dan juga olahraga. Pastikan kita memiliki gaya hidup yang sehat supaya tubuh kita pun tetap sehat dan bugar. 

Sekarang kita tidak perlu khawatir lagi kalau merasa ngantuk setelah makan siang, karena ini tergolong sebagai hal yang normal. Hampir semua manusia juga mengalami hal serupa juga kok. Ada sedikit tips untuk topik kali ini nih. Kalau kita sudah merasa mengantuk setelah makan siang, sebisa mungkin kita justru harus berada di ruangan yang terang . Mengapa? karena ketika berada di ruangan yang gelap, otak akan cenderung memerintahkan untuk memproduksi melatonin. Secara sederhananya keberadaan cahaya dapat menghambat pembentukan melatonin. Bagaimana nih setelah membaca informasi di atas? Sekarang jadi tahu kan penyebab kita mudah merasa mengantuk setelah makan. Semoga pembahasan dan tips-tips hari ini dapat bermanfaat dan membantu kalian semua yaa! 

Kerenhapukh Anugraherni