THE IMPORTANCE OF TEACHER

THE IMPORTANCE OF TEACHER

Meita Monika

 2101658413

sumber : https://goanimate4schools.com/

Banyak orang menyepelekan profesi Guru. Beberapa orang menganggap guru itu profesi yang kecil dibandingkan profesi lainnya. Namun, ada juga beberapa orang yang sangat menghormati guru. Tapi, pernahkan kalian berpikir bahwa guru itu profesi yang penting?

Menurut  Dr. Ahmad Tafsir, guru (pendidik) ialah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dari segi potensi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Sebagian dilakukan dengan cara mengajar, sebagian ada yang dilakukan dengan memberikan motivasi, memberi contoh atau sebagai role model, dan lain sebagainya.

Selain itu, menurut  UU no.14 Tahun 2005 tentang Guru, guru ialah seorang pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Menurut Daoed Yoesoef (1980), seorang guru mempunyai tiga tugas pokok yaitu tugas profesional, tugas manusiawi, dan tugas kemasyarakatan (sivic mission). Artinya, tugas profesional dari seorang guru yaitu meneruskan atau transmisi ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai lain yang belum diketahui oleh anak. Tugas manusiawi itu adalah transformasi diri, identifikasi diri sendiri dan pengertian tentang diri sendiri.

Masing-masing orang memiliki kecerdasan masing-masing, namun jika tidak ada orang yang bisa mengarahkan kecerdasaan kita, kita akan mudah tersesat dan pada akhirnya tidak akan tahu arah yang benar. Itu adalah salah satu pentingnya peran guru. Guru adalah orang yang mengarahkan kita ke arah yang jelas dan benar, guru tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, namun guru juga ikut berperan dalam mendidik karakter kita.

Kecerdasaan yang kita miliki harus diimbangi dengan karakter yang baik. Hal ini agar kita dapat menggunakan kecerdasaan kita dengan bijak, sesuai dengan etika yang baik dan benar. Karakter juga dapat mencerminkan bangsa kita seperti apa.

Dari pembahasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa guru merupakan profesi yang penting. Guru menjadi pengarah, pembimbing, serta pendidik bagi kita untuk menjadi pribadi yang pintar dalam  bidang kita masing-masing dan memiliki karakter yang baik agar kita bijak dalam menggunakan kecerdasan kita di kehidupan sehari-hari.

“For Every one of us that succeeds, it’s because there’s somebody there to show you the way out. The light doesn’t always necessarily have to be in your family : for me it was teachers and school.” – Oprah Winfrey

“One child, One teacher, one pen, and one book can change the world” – Malala Yousafzai

Source :

http://www.spengetahuan.com/2015/11/12-pengertian-guru-menurut-para-ahli-terlengkap.html

https://gunawanferry.wordpress.com/2011/03/30/pentingnya-peran-guru-dalam-dunia-pendidikan/