Pentingkah Hari Anak Nasional?

Angela Anggraeni

2001554241

Sumber Gambar : https://fikanurhalizah.wordpress.com/2013/11/15/foto-gambar-animasi-anak-berkumpul-jpg/

Hari anak disetiap belahan dunia berbeda-beda, karena setiap negara bisa menentukan sendiri kapan negara memperingati hari anak nasional.Hari anak nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Sebelum mengetahui tujuan dari hari anak nasional, mari kita baca sejarah dari hari anak nasional dulu yuk !

Sejarah hari anak nasional merupakangagasan mantan presiden RI ke-2, Soeharto. Soehartomelihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa, sehingga sejak tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional (HAN).

Lalu? Sebenernya apa sih tujuan dari memperingati hari anak nasional ini? Mari kita lihat poin-poin dibawah ini :

  1. meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta bersama dengan Pemerintah dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik-integratif dan berkesinambungan. Upaya tersebut ditujukan untuk memenuhi hak-hak anak, mewujudkan tingkat kesejahteraan anak, dan memberikan perlindungan yang setinggi-tingginya bagi anak sebagai generasi penerus cita-cita bangsa.
  2. meningkatkan kesadaran pemerintah, masyarakat, orang tua dan segenap komponen bangsa untuk memenuhi hak-hak anak berdasarkan Child Rights, dan menghindarkan anak-anak dari: abuse (penyalahgunaan, perlakuan kejam, penyiksaan), neglect (melalaikan), eksploitasi, kekerasan terhadap anak, diskriminasi, drugs (pemakaian obat-obatan terlarang), pornografi, dll.
  3.  menunjukkan kepada seluruh rakyat Indonesia dan dunia internasional (minimal pada tingkat Asia Pasifik) bahwa kita mendukung hak-hak anak dan melakukan upaya kesejahteraan anak

 

Jadi? Pentingkah perayaan hari anak nasional ini? Perayaan ini dapat membuka mata seluruh lapisan masyarakat, baik orang tua, maupun anak-anak. Dilihat dari tujuannya, banyak hal positif yang dapat kita ambil dari peringatan hari anak nasional ini.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :http://www.markijar.com/2015/07/hari-anak-nasional-pengertian-dan.html

https://sites.google.com/a/mahasiswa.pcr.ac.id/indonesia-pasti-bisa/tujuan-memperingati-hari-anak-indonesia

Angela Anggraeni