HIMME BINUS ACTIVIST COMMENCEMENT 2024

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) merupakan sebuah program pelatihan yang diselenggarakan oleh HIMME (Himpunan Mahasiswa Bisnis Manajemen) yang ditujukan kepada calon aktivis. Acara ini bertujuan untuk membekali calon aktivis HIMME dengan keterampilan kepemimpinan dasar serta memperkuat koneksi dan kerjasama di antara anggota. Pelaksanaan LDK calon aktivis HIMME dilakukan pada tanggal 23 Maret 2024, di kampus Universitas Bina Nusantara Region Alam Sutera, diikuti oleh para calon aktivis HIMME yang memiliki minat dan potensi dalam bidang kepemimpinan dan pengembangan diri.

Tujuan utama dari LDK calon aktivis HIMME adalah untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan para calon aktivis HIMME, serta memperkuat rasa solidaritas dan kerjasama di antara mereka. Dengan demikian, diharapkan calon aktivis HIMME dapat menjadi pemimpin yang aktif dan mampu berkontribusi positif dalam organisasi serta masyarakat. Rangkaian kegiatan dalam LDK HIMME meliputi LGD (Leaderless Group Discussion), FGD (Focus Group Designation), Work Program Presentation, Awarding Session, Departement Meet, dan Iftar Together.

Rangkaian acara LDK HIMME dimulai dengan Leaderless Group Discussion (LGD), sebuah kegiatan kerja sama tim di mana calon aktivis memecahkan studi kasus tentang program-program kerja HIMME, mendiskusikan berbagai topik dan berbagi ide. Dalam kelompok ini tidak ada pemimpin yang dipilih, sehingga dapat mendorong setiap anggota untuk berdiskusi dan terbuka terhadap gagasan-gagasan dari sesama anggotanya. Tujuan dari LGD adalah untuk meningkatkan keterampilan kerjasama tim, serta mengevaluasi keterampilan komunikasi, dan kemampuan dalam menyampaikan pendapatnya ke dalam kelompok. 

Setelah dilaksanakannya LDG, rangkaian selanjutnya yaitu Focus Group Designation (FGD). FGD (Focus Group Designation) adalah kegiatan diskusi kelompok, dimana peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok yang memiliki tugas atau topik diskusi terkait program kerja, divisi, dan sistematis kerja di HIMME. Setelah FGD selesai, rangkaian selanjutnya adalah Work Program Presentation, yaitu presentasi program kerja, di mana setiap kelompok atau departemen dalam HIMME mempresentasikan rencana kerja mereka untuk periode tertentu. Mereka menyajikan rencana mereka untuk acara mendatang, alokasi anggaran yang terperinci, dan menampilkan poster acara yang telah mereka buat. Setelah presentasi, karya mereka dievaluasi, dan diberikan umpan balik dari para DPI Manager untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka lebih lanjut. 

Selanjutnya disusul oleh Awarding Session, di mana peserta menerima penghargaan yang berbeda. Awarding Session adalah sesi pemberian penghargaan kepada anggota HIMME yang telah berprestasi atau berkontribusi secara signifikan dalam organisasi. Beberapa diantaranya mendapat penghargaan sebagai Most Outstanding Activist dan Best Group Presentation.

Selain itu, terdapat Departement Meet, merupakan pertemuan antar departemen dalam HIMME, di mana anggota departemen saling berbagi informasi, menyusun strategi kerja, dan merencanakan kolaborasi antar departemen untuk mencapai tujuan bersama. Disini mereka akan menerima pengumuman mengenai departemen tempat mereka ditugaskan, sehingga memungkinkan bagi mereka untuk mengenal anggota lain di departemen yang sama dan merayakan kesuksesan mereka atas kelulusan dalam seleksi. 

Terakhir, Iftar Together merupakan sesi berbuka puasa bersama, di mana seluruh peserta LDK HIMME berkumpul untuk berbagi makanan dan suasana kebersamaan menjelang waktu berbuka puasa. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan antar anggota HIMME. Dengan rangkaian kegiatan yang komprehensif dan beragam tersebut, LDK HIMME diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pembentukan kepemimpinan dan pengembangan diri anggota HIMME, serta memperkuat kesatuan dan solidaritas dalam organisasi.

Salam Hangat,
HIMME

#HIMMEBINUS #HIMMEActivistCommencement2024 #PrecisionInRolesPinnaclesInCareers #NavigateYourWayThroughEndlessInnovation #LDKHIMME2024