VITALNYA SKILL KOMUNIKASI DALAM DUNIA KERJA

Komunikasi menurut Newman dan Summer adalah suatu kegiatan dalam pertukaran fakta, ide, pendapat atau emosi oleh dua orang atau lebih. Komunikasi menurut Keith Davis, adalah suatu kegiatan berupa proses penyampaian informasi dan pemahaman dari satu orang ke orang lain. 

Kemudian, mengapa skill komunikasi itu dapat dikatakan penting? Dapat dijelaskan dalam beberapa paragraph berikut. Berkomunikasi secara efektif adalah salah satu hal yang paling penting dari semua keterampilan hidup. Karena inilah yang memungkinkan kita untuk dapat menyampaikan informasi kepada orang lain sehingga mereka mampu memahami apa yang ingin kita sampaikan, dan begitu pula sebaliknya. Anda hanya perlu melihat bayi mendengarkan ibunya dengan penuh perhatian dan mencoba mengulangi suara yang dia buat untuk memahami betapa mendasarnya dorongan untuk berkomunikasi. Komunikasi, secara sederhana berupa vokal (menggunakan suara), tertulis (menggunakan media cetak atau digital seperti buku, majalah, katalog, situs internet, situs web, email), visual (menggunakan logo, peta, bagan atau grafik) atau non-verbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak tubuh dan nada dan nada suara). 

Komunikasi dikatakan penting pula di dalam dunia kerja karena fungsinya yaitu untuk 1) Membangun dan mempertahankan hubungan 2) Memfasilitasi inovasi 3) Membangun unit yang efektif 4) Meningkatkan keterlibatan peranan antar SDM 5) Berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan.

Dengan demikian, komunikasi membantu memahami SDM dalam lingkup dunia kerja tersebut menjadi lebih baik, menghilangkan kesalahpahaman dan menciptakan kejernihan pikiran dan ekspresi. Komunikasi yang baik juga mendidik orang, menjembatani kesenjangan antara individu dan kelompok melalui arus informasi dan pemahaman di antara mereka. Karena informasi merupakan aspek yang paling vital untuk komunikasi. Itulah beberapa alasan mengapa komunikasi dikatakan penting.

Edlina Hurin U Karina