Tips Memotivasi Karyawan

Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang agar dapat melakukan segala aktivitas dan pekerjaan dengan semangat, efektif  dan efesien. Agar perusahaan dapat berjalan dengan baik seorang atasan harus dapat mendorong karyawan-karyawan nya untuk dapat menyelesaikan pekerjaan nya dengan baik. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memotivasi karyawan:

Komunikasi

Hal terpenting yang diperlukan untuk memotivasi seseorang yaitu komunikasi.Lakukan komunikasi yang baik dengan mereka untuk memahami apa keluhan mereka miliki.

Beri Pengakuan

Bagaimanapun besar atau kecilnya kontribusi yang diberikan oleh seorang karyawan, seorang atasan atau manajer atau perusahaan harus menghargai atau memberikan pengakuan. Memberikan pengakuan bisa juga dengan hadiah, usahakan memberikan sesuatu dengan anggaran pribadi kecuali jika perusahaan memiliki anggaran yang lebih untuk karyawannya.

Percayai Mereka

Karyawan juga tidak hanya harus dihargai, melainkan juga harus merasa dipercaya.

Karena karyawan yang merasa dipercaya oleh perusahaan atau atasan, biasanya akan lebih bertanggung jawab. Hal tersebut bisa dicapai salah satunya adalah dengan memberikan tanggung jawab atau peran kepemimpinan kepada karyawan yang sedikit lebih besar dibandingkan sebelumnya

Lakukanlah Kegiatan Team Building

Kegiatan tim building bisa diselenggarakan selama bekerja atau di luar waktu bekerja. Biasanya beberapa perusahaan akan menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan ini.

Bantu Merencanakan Karir Karyawan

Tentu setiap karyawan ingin naik jabatan sehingga kariernya lebih baik. Jangan tutup mata terhadap karier karyawan Anda. Lakukan penilaian kinerja karyawan. Rencanakan pelatihan yang sesuai untuk menumbuhkembangkan keterampilan yang merupakan kelebihan karyawan tersebut, tidak hanya fokus pada kekurangan karyawan.

Apresiasi peningkatan kinerja sekecil apa pun

Anda sebaiknya memperhatikan setiap peningkatan kinerja karyawan Anda. Sekecil apa pun hal positif atau peningkatan keterampilan yang telah diupayakan oleh karyawan, Anda harus mengapresiasinya. Pemberian apresiasi ini sangat penting untuk meningkatkan motivasi kerja mereka

Dorong Karyawan untuk Terus Belajar dan Berkembang

Jangan pernah memandang rendah bawahan Anda. Seperti Anda, karyawan adalah pribadi yang unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rangkul mereka sebagai teman dan saudara. Dorong mereka untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka.

Jadi Contoh yang Baik

Selalu menjadi contoh yang baik untuk bawahan Anda. Salah satu contohnya dengan selalu hadir lebih pagi. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan datang lebih pagi. Pun, ide-ide segar biasanya diperoleh saat pagi dalam suasana masih hening.

Beri Insentif atau Bonus yang Adil

Walaupun uang bukan motivasi terbesar karyawan dalam bekerja, Anda tetap harus memperhatikannya. Insentif atau bonus yang adil membuat karyawan berpikir bahwa perusahaan memberi hak karyawan secara profesional. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap meningkatnya semangat kerja karyawan. Jika ia melakukan lebih, ia akan mendapatkan lebih.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
http://manajemen.bisnis.com
http://www.duniakaryawan.com/
http://www.teknikhidup.com/

Sumber Gambar :
https://blogs.ubc.ca/

Jefri