Tips n Tricks Menjadi Entrepreneur

Sumber Gambar : https://dosaraf.com/

Sebagai mahasiswa SOBM tentu kita di ajarkan untuk menjadi entrepreneur muda. Dari berbagai mata kuliah yang telah kita pelajari selama kuliah berlangsung ada beberapa dasar yang harus kita ketahui sebelum memulai bisnis. Apa aja sih yang kita perlukan dalam memulai bisnis?

Fokus

Sebagai pemula tentu kita tidak sabar untuk meraih kesuksesan dari bisnis kita. Sering kali berbagai tawaran bisnis yang datang kita terima, padahal belum tentu semua bisnis itu kita kuasai bidangnya. Selain itu, kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pebisnis pemula adalah memiliki banyak bisnis di awal. Hal ini membuat kita tidak fokus dengan bisnis yang kita miliki sehingga tidak meraih kesuksesan yang maksimal. Oleh karena itu, lebih baik fokus menyempurnakan 1 bisnis, dibandingkan mengikuti 10 bisnis yang belum tentu dapat kita kelola semuanya.

Tahu Apa yang Kita Lakukan, dan Lakukan Apa yang Kita Tahu

Jangan mudah tergiur dengan bisnis yang menawarkan keuntungan besar serta cepat balik modal. Lakukanlah bisnis sesuai hobi maupun bidang yang kita pahami. Sehingga kita akan bertahan dari segala rintangan yang terjadi serta mengembangkan bisnis kita lebih besar.

Belajarlah dari Kegagalan

Tidak ada bisnis atau rencana bisnis yang dapat memprediksi masa depan atau sepenuhnya mempersiapkan kita untuk menjadi pengusaha sukses. Tidak ada rencana yang sempurna. Yang paling penting adalah belajar dari kegagalan, baik kegagalan yang kita buat sendiri, maupun dari orang lain, perbanyak wawasan dari pengalam orang lain, sehingga kita dapat mengikuti jejak mereka yang berhasil, serta menghindari serta mencari jalan keluar dari kegagalan orang lain.

Berhematlah!

Ketika baru memulai bisnis, sulit mendapatkan investor, karna kita belum memiliki pengalaman. Maka dari itu sumber modal yang kita miliki dari penghasilan sendiri, baik dari kerja sambilan maupun uang jajan, maka berhematlah untuk menambah modal bisnis.

Tahu Kapan Saatnya Berhentiā€¦

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan yaitu memaksakan bisnis yang sudah terlihat tidak akan bertahan lama, ketika hal ini terjadi berhenti sejenak kita renungkan, dan cari sumber masalah, kemudian kita cari cara penyelesaiannya. Jika penyelesaianya terlalu sulit, lebih baik stop usaha kita untuk memulai usaha baru, sebelum kerugian besar yang akan kita terima.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://www.asritadda.com/

Muhammad Ilham Alwaarist