Pentingnya Menjaga Privasi di Sosial Media

Kini sedang marak masyarakat yang menggunakan fitur “Add Yours” di aplikasi Instagram. Awalnya penggunaan fitur ini menjadi ajang seru-seruan, namun kekhawatiran muncul ketika fitur tersebut dipakai untuk menanyakan hal-hal yang menjurus ke privasi. Fitur “Add Yours” adalah fitur berbentuk pertanyaan yang dapat dibalas oleh siapapun lewat Instagram Story. Ada berbagai macam pertanyaan namun baru-baru ini ada yang bertanya variasi nama panggilan, foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), tanda tangan, bahkan bertanya nama anggota keluarga. Dari pertanyaan-pertanyaan itulah muncul beberapa kasus kejahatan dalam berinternet. 

Banyak orang-orang yang mendapat pesan dari nomor yang tidak dikenal yang meminta bantuan untuk meminta bantuaan. Pelaku akan memanggil korban dengan nama panggilan yang jarang orang ketahui. Korban akan berpikir bahwa orang yang mengirimkannya pesan adalah orang terdekatnya dikarenakan hanya orang tertentu yang memanggilnya dengan nama itu sehingga korban akan percaya dan membantu pelaku. Masalah-masalah seperti itu sebenarnya dapat kita cegah dengan tidak memberikan informasi pribadi ke orang lain. Ada banyak kejahatan dalam berinternet karena pada kenyataannya tidak ada yang dapat memastikan keamanan dalam berinternet terutama pada aplikasi. 

“Sebenarnya setiap aplikasi yang meminta informasi pribadi harus dipastikan keamanannya. Karena tidak ada aplikasi yang benar-benar aman, terlebih apabila yang bersumber dari konten pengguna. Jika informasi tersimpan ke penyedia layanan seperti pada platform misal Facebook atau marketplace, risikonya hanya kebocoran data,” kata Unggul. Selasa (23/11/2021).

References:

https://news.detik.com/berita/d-5823342/ramai-fitur-add-yours-di-instagram-ingat-jangan-umbar-data-pribadi

Fitria Ismiarti