Deep Learning

Di era kemajuan teknologi yang serba modern ini, banyak orang yang masih belum menyadari bahwa teknologi telah berkembang pesat. Salah satu teknologi terobosan ini adalah deep learning. Lantas, apa yang dimaksud dengan deep learning?

Deep learning merupakan salah satu cabang dari ilmu machine learning yang dibangun berdasarkan jaringan saraf tiruan (Artificial Neural Network/ANN). Sejarah deep learning dapat ditelusuri Kembali ke tahun 1943, ketika Walter Pitts dan Warren McCulloch membuat model komputer berdasarkan jaringan saraf otak manusia. Mereka menggunakan kombinasi algoritma dan matematika yang mereka sebut “threshold logic” untuk meniru proses berpikir. Sejak dari saat itu, bidang deep learning ini terus berkembang hingga pada saat ini.

Sebuah deep learning model dirancang untuk terus menganalisa data dengan struktur logika yang mirip dengan cara manusia menarik kesimpulan. Untuk mencapai hal ini, model harus mengaplikasikan sebuah algoritma berlapis yang biasa disebut dengan ANN. Desain ANN terinspirasi oleh jaringan saraf biologis otak manusia, yang mengarah ke proses pembelajaran yang jauh lebih mampu daripada model machine learning standar.

ANN didasarkan dalam kumpulan unit terhubung yang biasa disebut dengan istilah artificial neurons. Setiap koneksi (sinaps) antar neuron dapat mengirimkan sinyal ke neuron lain. Neuron penerima (postsynaptic) dapat memproses sinyal dan kemudian memberi sinyal pada neuron hilir yang terhubung dengannya. Setiap neuron memiliki suatu bilangan dan bobot yang merepresentasikan dirinya sendiri. Model menerima informasi pada titik-titik yang disebut nodes yang terkumpul pada satu lapisan untuk kemudian diteruskan dan diproses ke lapisan selanjutnya yang disebut hidden layers. Setelah melewati lapisan-lapisan, model dapat menentukan pola dari informasi yang diterima.

Pengaplikasian Deep learning sudah dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Deep learning digunakan dalam pengolahan/pembuatan gambar, teks dan lainnya. Contohnya adalah Google Photos, tilang otomatis dan fitur face unlock yang ada di smartphone kita. Seiring dengan lewatnya waktu, teknologi deep learning ini akan berkembang dan penerapannya akan menjadi lebih banyak.

Reference :

https://www.zendesk.com/blog/machine-learning-and-deep-learning/#:~:text=To%20recap%20the%20differences%20between,intelligent%20decisions%20on%20its%20own

https://inixindojogja.co.id/mengenal-deep-learning/

https://en.wikipedia.org/wiki/Deep_learning

https://hackernoon.com/introduction-to-deep-learning-9064d6b87a51

Nobert Pratama