Peran Penting Web Designer

Era digital saat ini telah membawa banyak perubahan dalam berbagai bidang. Era digital merupakan suatu kondisi dimana seluruh kegiatan telah didominasi dengan penggunaan teknologi. Era digital ini memberikan pengaruh yang dapat memudahkan masyarakat untuk berkreativitas tanpa batas. Pada era digital, situs web menjadi salah satu sarana yang penting bagi perusahaan ataupun organisasi. Perusahaan ataupun organisasi telah menerapkan digitalisasi untuk meningkatkan efesiensi, produktivitas, dan daya saing. Penerapan tersebut dibuktikan dalam berbagai contoh, salah satunya yaitu hadirnya e-commerce, di mana kita dapat melakukan proses jual beli produk dan menggunakan layanan melalui internet, di mana internet menjadi sumber dalam mengakses informasi ke berbagai situs web ataupun platform lainnya. Oleh karena itu, situs web menjadi sarana yang penting bagi perusahaan ataupun organisasi.

Situs web yang menarik dan mudah digunakan memberikan keuntungan terutama bagi perusahaan ataupun organisasi. Keuntungan tersebut diantaranya membantu dalam meningkatkan kesan pertama yang positif bagi para pengunjung. Desain yang menarik dan profesional akan memikat perhatian pengunjung saat pertama kali sehingga pengunjung akan cenderung lebih tertarik menjelajahi situs tersebut. Selain itu, situs web yang menarik dan profesional juga membantu dalam memperkuat branding ataupun citra bagi suatu perusahaan ataupun organisasi. Dengan begitu, suatu perusahaan atau organisasi akan memiliki daya saing yang dapat membangun kepercayaan pengunjung situs web tersebut.

Situs web yang menarik dan professional tidak terlepas dari seorang web designer. Web designer memiliki peran penting untuk memastikan situs web yang dibuat agar menarik perhatian pengunjung dengan memperhatikan tata letak, tampilan visual, dan kegunaan situs web, sehingga mampu dalam mencapai tujuan bagi suatu perusahaan ataupun organisasi. Adapun tools yang dapat digunakan bagi web designer yaitu, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop, Google Web Designer, Figma, Adobe XD, dan sebagainya. Keterampilan dalam menggunakan tools tersebut membantu web designer untuk menghasilkan suatu design yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan ataupun organisasi yang dapat memikat perhatian pengunjung situs web.

Dalam era digital yang semakin pesat, peran web designer akan terus diperlukan untuk mencapai tujuan bagi suatu perusahaan ataupun organisasi. Menjadi web designer tidak hanya memperhatikan nilai estetika tampilan pada situs website tetapi juga memiliki keterampilan lainnya. Keterampilan yang harus dimiliki untuk menjadi web designer yang dapat membantu dalam mencapai tujuan perusahaan ataupun organisasi diantaranya, memiliki pola pikir kreatif dan imajinatif, mampu dalam menggunakan tools, mampu bekerjasama, mampu bekerja sesuai tenggat waktu (disiplin), dan memahami HTML, CSS, dan Javascript.

 

Referensi:

https://dribbble.com/shots/20674858-Clearbit-Website-Design-business-landing-web-page-site-designer

https://www.technojobs.co.uk/info/it-job-roles/what-is-a-web-designer.phtml

https://www.technojobs.co.uk/info/career-advice/how-to-become-a-web-designer.phtml

Manisha Arie Paramartha