Know More About Cloud Computing

Cloud Computing? Kata-kata yang tidak asing lagi saat ini. Kira-kira apa ya yang di maksud dengan Cloud Computing? Cloud Computing adalah sebuah metode penyimpanan berbagai layanan dengan memanfaatkan internet. Saat ini Cloud Computing sangat popular di kalangan masyarakat karena kemudahannya. 

Cloud Computing adalah suatu hal yang sangat mudah dilakukan saat ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh Cloud Computing tentu saja membuat masyarakat merasa tertarik dan memanfaatkannya. Dengan menggunakan Cloud Computing tentu saja memungkinkan para penggunanya melakukan hal-hal dengan lebih efisien. Para pengguna tidak perlu bersusah lagi untuk mengakses file, hanya dengan menggunakan satu sentuhan saja para pengguna dapat dengan mudah mengakses file yang mereka inginkan. 

Cloud Computing sendiri memberikan layanan yang menguntungkan kepada penggunanya yang bersifat publik dan private dalam melakukan penyimpanan file. Tentunya hal ini sangat menguntungkan jika para pengguna hendak melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Hal-hal yang bersifat private tentu saja tidak akan terganggu dan terjaga keamanannya. Sedangkan ketika ingin bekerja sama dengan pihak-pihak lain dapat dilakukan dengan mudah dan memudahkan semua pihak dalam mengakses file yang mendukung. 

Keuntungan dalam menggunakan Cloud Computing adalah pengguna bisa melakukan akses file secara remote, mengurangi biaya manajemen perusahaan, menghemat ruang penyimpanan, dan memudahkan dalam melakukan update program

Cloud Computing memiliki beberapa tipe berdasarkan layanannya, kira-kira apa saja ya? Ayo cari tahu! Cloud Computing memiliki tiga tipe berdasarkan layanannya, yaitu Software-as-a-service, Infrastructure-as-a-service, dan Platform-as-a-service. Kira-kira apa ya perbedaanya? Software-as-a-service, melibatkan suatu lisensi aplikasi perangkat lunak kepada penggunanya. Biasanya lisensi yang ditawarkan atau diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand. Contoh dari tipe ini biasanya ditemukan di Microsoft Office’s 365. Infrastructure-as-a-service, melibatkan metode dalam melakukan pengiriman suatu file dari suatu sistem operasi ke server dan penyimpanan tertentu. Melalui sebuah konektivitas berbasis IP sebagai layanan dari on-demand. Para pengguna tentunya tidak perlu membeli perangkan lunak atau server. Contoh dari tipe ini adalah Public Cloud dari Indonesian Cloud dan Microsoft Azure. Platform-as-a-service, salah satu tipe yang cukup kompleks. Tipe ini adalah sebuah platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui internet. Contoh dari tipe ini adalah Salesforce.com dan Heroku. 

 

Sumber:
https://indonesiancloud.com/mengenal-cloud-computing/

https://masdzikry.com/wp-content/uploads/2021/12/Jenis-Layanan-Cloud-Computing-Masa-Kini.webp 

Maya Kartika Sari