Apakah Cyber Security itu Penting ?

Cyber Security adalah keadaan atau proses melindungi dan memulihkan sistem komputer, jaringan, perangkat, dan program dari berbagai jenis serangan cyber. Cyber attack merupakan sebuah bahaya yang akan semakin canggih dan berkembang terhadap data sensitif kita dikarenakan para  penyerang bisa menggunakan metode baru yang telah didukung oleh rekayasa social engineering dan artificial intelligence (AI) untuk menghindari kontrol keamanan data.

Faktanya adalah dunia semakin bergantung pada teknologi dan ketergantungan ini akan semakin berlanjut dari waktu ke waktu. Untuk menjaga data kita tetap terlindungi sambil merangkul teknologi baru, solusi keamanan cloud yang cerdas harus diterapkan bersama dengan kebijakan seperti kata sandi yang kuat dan multi-factor authentication untuk mengurangi kemungkinan akses oleh pihak yang tidak diinginkan.

Pentingnya keamanan cyber security harus semakin meningkat. Pada dasarnya masyarakat kita akan lebih bergantung pada teknologi dibandingkan sebelumnya dan tidak ada tanda-tanda bahwa tren ini akan melambat. Kebocoran data yang bisa mengakibatkan pencurian identitas kini diposting secara publik di akun media sosial. Informasi sensitif seperti nomor jaminan sosial, informasi kartu kredit, dan detail rekening bank kini disimpan di layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive.

 

Sumber:

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-cyber-security/

https://ids.ac.id/pengertian-cyber-security/

https://infokomputer.grid.id/read/122710604/apa-itu-cyber-security-mengapa-cyber-security-kini-makin-penting?page=all

Daniel Chandra