Golden Rules for Design Interface

Apa itu Golden Rules untuk Design Interface? Golden Rules merupakan aturan yang membantu dalam perancangan antarmuka yang dapat kalian aplikasinya pada aplikasi web maupun aplikasi mobile yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan aplikasi kalian.

Yang termasuk ke dalam Golden Rules tersebut antara lain:

1. Konsistensi

Konsistensi dapat membantu user dalam mengenali halaman yang dilihat masih dalam lingkup atau apakah user masih berada di aplikasi yang sama sehingga pengguna dapat dengan nyaman mengeksplorasi aplikasi tanpa takut berpindah aplikasi.

2. Pemberitahuan Error

Dengan fitur seperti pemberitahuan error dapat menjaga user untuk tidak melakukan kesalahan ketika sedang melakukan pengisian data atau menggunakan fitur-fitur yang ada. Rules ini dapat kalian terapkan ketika user sedang melakukan pengisian data.

3. Memberikan Umpan Balik

Umpan Balik yang dimaksud tidak harus selalu jawaban dari aplikasi ke pengguna, tetapi perubahan antarmuka setiap kali user melakukan aksi, sehingga user mengetahui aksinya telah direspon.

4. Merancang dialog untuk penutupan

Dialog penutupan ini merupakan bagian dari umpan balik. Aplikasi dapat memberikan keterangan jika proses dari aksi tersebut sudah selesai, contohnya ketika user mengisi data, setelah selesai dapat memberikan keterangan kepada user bahwa akun tersebut telah dibuat.

5. Mendukung kendali internal

Kendali yang dimaksud adalah user dapat mengatur aplikasi sesuai keinginan user. Seperti contoh aplikasi dapat memberikan fitur pemilihan bahasa yang ingin digunakan karena pengguna memiliki tingkat pemahaman bahasa yang berbeda.

sumber:

https://capian.co/shneiderman-eight-golden-rules-interface-design 

https://yellowchalk.com/blog/8-golden-rules-of-interface-design/

Cindy Natasya