Apakah harus belajar matematika terlebih dahulu sebelum belajar pemrograman?

Jawabannya adalah tergantung. Tergantung ingin memprogram apa dan sedalam apa. Sebelumnya, perlu disadari bahwa matematika dan komputer adalah topik yang mirip karena keduanya mengandalkan logika berpikir. Jadi, yang diperlukan adalah logika berpikirnya. Jika kita tidak mempunyai background matematika sama sekali, ibarat pertama kali kita belajar alat musik tentu kita akan kesulitan tetapi bukan berarti tidak bisa, hanya saja lebih sulit dibandingkan kalau kita mempunyai basic matematika apalagi jika kita terbiasa mengikuti kompetisi matematika. Jika kita sudah terbiasa mengikuti kompetisi matematika tentu cara berpikir kita lebih kritis dan lebih teliti terhadap soal-soal tertentu.

Misalkan ada soal seperti contoh berikut:

 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + … + 25 = ? 

Orang komputer akan membuat perulangan untuk menjumlahkan seluruh angka yang ada dari satu sampai dengan batas yang digunakankan, jika mengandalkan logika pemrograman kita perlu melakukan looping perulangan dari satu sampai batasnya untuk menjumlahkan semua itu. Saat kita menguasai matematika, kita tidak perlu melakukan looping dari satu sampai batasnya, apalagi jika batasnya bernilai besar. Jika sudah terbiasa dengan matematika, kita pasti mempunyai pola untuk menemukan deret dengan rumus deret atau suku ke n untuk bisa menjumlahkan itu tanpa perulangan. Ketelitian, kemampuan untuk menemukan pattern atau pola bilangan sudah terlatih dengan baik. Hal ini bisa kita gunakan pada pemrograman. 

Saat kita sudah mempunyai background matematika tentu belajar pemrograman menjadi lebih mudah karena kita sudah terbiasa dilatih mengerjakan pola-pola dan dilatih ketelitiannya untuk menjawab soal-soal matematika dan seterusnya. Tetapi bukan berarti kalau kita tidak memiliki background matematika sama sekali kita tidak bisa belajar pemrograman. Kita tetap bisa belajar dengan tetap fokus dan memiliki semangat. Bahkan kalau kita mengambil jurusan computer science, kita akan mendapatkan mata kuliah matematika diskrit yang artinya kita akan belajar matematika walaupun sedikit. Mempunyai basic matematika yang kuat akan lebih baik jika dibarengi dengan belajar pemrograman karena keduanya memiliki kesamaan topik yaitu mengenai logika tetapi jika kita tidak memiliki basic matematika yang bagus juga tidak apa-apa karena kita bisa belajar seiring waktu berjalan.

References:

https://cintaprogramming.com/2018/05/15/matematika-dan-programming/

https://www.codepolitan.com/hal-hal-inti-yang-wajib-dikuasai-seorang-programmer-59607dc7a1071

https://www.geeksforgeeks.org/what-is-the-importance-of-mathematics-in-computer-science/ 

Fitria Ismiarti