Algoritma dan Pemrograman

Algoritma dan pemrograman. Bidang informasi di dunia modern saat ini berkembang pesat. Hal ini memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan peradaban manusia, yang tidak terlepas dari segala aktivitas yang didukung oleh teknologi informasi, sehingga mampu menjawab tuntutan pekerjaan dengan lebih cepat, efektif dan efisien. 

Salah satu topik yang banyak dipelajari orang saat ini adalah algoritma dan pemrograman karena kebutuhan akan “literasi teknis”. Meskipun sering dianggap sama, algoritma dan pemrograman itu sendiri pada dasarnya adalah hal yang berbeda. Ini adalah proses menerjemahkan pemikiran logis ke dalam langkah-langkah atau proses yang dijalankan oleh komputer.

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah serangkaian langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas kompilasi. Kriteria algoritma yang baik adalah memiliki langkah-langkah logis yang tepat dan efisien. Walaupun logika adalah kunci dasar untuk menjadi pemrogram yang baik, tidak semua program memerlukan tingkat kerumitan algoritmik yang sama.

Algoritma lahir sebagai bagian dari matematika. Namun, seiring perkembangannya, algoritma dianggap lebih dekat hubungannya dengan ilmu komputer. Dua notasi umum digunakan saat menulis algoritma, pseudocode dan flowchart.

Pseudocode adalah serangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah. Pseudocode berbeda dengan bahasa pemrograman dan tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu, sehingga pseudocode tidak dapat dikacaukan dengan sintaks program.

Sedangkan flowchart merupakan diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi. Pada umumnya, flowchart menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi-instruksi yang berbeda.

Pengertian Pemrograman

Pemrograman adalah proses menerjemahkan urutan logika atau garis pemikiran yang disebut algoritma ke dalam simbol atau karakter bahasa pemrograman sehingga komputer dapat menjalankan urutan simbol atau karakter.

Proses pemrograman membutuhkan keterampilan analisis masalah dan mengubahnya menjadi langkah-langkah solusi. Kemudian ditulis dalam bentuk kode atau perintah menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman adalah seperangkat instruksi standar yang digunakan untuk menginstruksikan komputer untuk melakukan fungsi tertentu.

Bahasa ini memungkinkan pemrogram untuk menentukan dengan tepat data apa yang akan diproses komputer, bagaimana data itu akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang harus diambil dalam berbagai situasi.

Saat ini terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang popular dan digunakan secara luas. Masing-masing bahasa pemrograman tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan saat ini diantaranya adalah C, C++, C# (dibaca C sharp), Java, Ruby, Python, PHP, dan JavaScript.

Source:

https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/algoritma-dan-pemrograman-11197/

Daniel Chandra