Apa itu Matematika?

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita tidak bisa terlepas dari suatu angka, seperti nominal pada uang, kecepatan kendaraan, berat suatu barang atau benda, dan lain-lain. Selain itu terdapat teknologi yang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita, yang dimana kita bisa dimudahkan dengan menggunakan teknologi. Tetapi tahukah anda bahwa salah satu faktor penting adanya teknologi dan kemajuannya adalah terdapat basis data yang menggunakan angka atau biasa disebut angka binary. Sehingga pelajaran matematika menjadi salah satu hal terpenting

Apa itu Matematika ? Matematika berasal dari Bahasa Yunani yang bentuk penulisannya μάθημα dengan  pembacaanya yaitu mathēma  yang berarti “pengetahuan, pemikiran dan pembelajaran”. Asal mula matematika ditemukan dalam konsep bilangan, besaran dan bangun, contohnya adalah “jumlah dua jeruk sama dengan dua apel”. Setelah itu semakin berkembang dengan mengenali cara pencacahan besaran abstrak seperti waktu, hari, bulan, tahun, dll. 

Zaman semakin berjalan sehingga penalaran dan abstraksi seorang manusia semakin maju, hingga dengan hal tersebut matematika semakin berkembang dari pencacahan, perhitungan, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda yang membuat matematika praktis menjadi salah satu aktivitas manusia saat adanya rekaman tertulis. Kebiasaan tertulis pun juga mempengaruhi perkembangannya yang dimana munculah suatu penulisan atau sistem lain untuk mencatatkan bilangan yang menghasilkan sistem bilangan bermacam-macam jenis.

Sebelum 3000 SM penggunaan matematika hanyalah untuk keperluan perdagangan, pengukuran tanah, perlukisan, pencatatan waktu, dan setelah itu muncul tiga orang Babilonia dan Mesir kuno yang mulai menerapkan konsep matematika pada aritmatika, aljabar, dan geometri yang biasa digunakan untuk perhitungan pajak dan urusan keuangan lainnya seperti bangunan, konstruksi dan astronomi. Setelah saat itu banyak penemuan-penemuan lainnya yang bisa didapatkan dari penerapan matematika dalam kehidupan, seperti ilmu alam, kesehatan, sosial, dan khususnya mulai berkembang di bidang teknologi. 

Dengan Teknologi sekarang makin menguatkan keberadaan matematika menjadi suatu hal yang terpenting dalam kehidupan baik masa kini maupun masa depan. Sehingga besar kemungkinan bahwa dalam dunia kerja prospek jurusan matematika itu sangat bagus, banyak profesi-profesi penting yang membutuhkan matematika sebagai pondasinya salah satunya adalah Statistika, Aktuaria, Matematika Bisnis, Peneliti, dan lain-lainnya. 

Dalam jurusan matematika terdapat 5 bidang peminatan yang bisa kita ambil :

  1. Matematika murni 

Peminatan ini kerap mempelajari akan teori matematika secara mendalam sehingga menjadi salah satu peminatan yang tersulit dibandingkan peminatan lainnya.

  1. Statistika

Peminatan ini mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Ilmu-ilmu yang dipelajari pun cukup menarik seperti analisis data, time series, Teknik sampling data, dst.

  1. Komputasi / Ilmu Komputer

Peminatan ini menerapkan konsep ilmu matematika dimasukan ke dalam ilmu komputer yang tentu diketahui bahwa salah satu dasarnya adalah matematika.

  1. Aktuaria

Peminatan ini bisa dibilang sebagai matematika bisnis karena berfokus pada pengaplikasian ilmu matematika, keuangan dan statistika untuk membantu memecahkan masalah persoalan bisnis aktual

  1. Riset Operasi

Salah satu peminatan dari gabungan matematika terapan dan sains formal yang dimana mencari sebuah nilai optimal terhadap suatu permasalahan kompleks. Tujuannya adalah untuk memudahkan mencapai tujuan dengan melakukan proses ilmiah.

Jadi bagaimana tertarik untuk bergabung jurusan matematika dan menggemparkan dunia dengan pengembangan yang kamu akan temui nanti ?

Raven Kongnando Lasher