Indonesia dan Perkumpulan Matematika

Pada zaman sekarang, ada banyak sekali jenis-jenis perkumpulan atau komunitas-komunitas yang tersebar di berbagai kalangan baik yang, kecil di kampung sampai yang ada di luar negeri. Dan karena kita mayoritas jurusan Matematika dan Himmat adalah komunitas kita, pernahkah kalian berpikir kapankah komunitas matematika dibentuk pertama kalinya di negara kita ini??. Yuk kita telusuri bersama-sama dalam pembahasan kali ini.

Indonesian Mathematical Society atau IndoMS atau HI  merupakan perkumpulan matematika resmi pertama yang ditemukan pada tanggal 15 Juli 1976 di Bandung. Pada masa itu, Southeast Asian Mathematical Society (SEAMS) adalah sebuah asosiasi matematika internasional yang terbentuk pada tahun 1972. Mereka telah  mengadakan konferensi pers di beberapa negara seperti Singapura (1972, konferensi perdana) dan Penang,Malaysia (1974) untuk menemukan dan mendukung perkembangan asosiasi-asosiasi matematika yang ada mengingat kebanyakan negara-negara pada kawasan Asia Tenggara lagi pada masa pemulihan pasca perang dan penjajahan. 

Kemudian Prof.Dr.Lee Peng Yee, anggota SEAMS dari National University of Singapore (NUS) menyarankan untuk konferensi selanjutnya diadakan di Indonesia. Nah kemudian Prof.Dr.Lee Peng Yee pun berkunjung ke Bandung tepatnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan bertemu Prof.Dr,Achmad Arifin (alm) untuk mendiskusikan kemungkinan pelaksanaan konferensi di Kota Bandung ini. 

Setelah itu Prof.Dr.Lee Peng Yee juga berkunjung ke Jakarta, Yogyakarta, Surabaya untuk mencari perkumpulan-perkumpulan matematika. Di Surabaya, Prof.Dr.Lee Peng Yee menemukan group informal siapa saja yang mau berdiskusi tentang matematika. Kelompok belajar ini bernama “Kelompok Studi Matematika”. Kemudian diikuti group “Kelompok Belajar Matematika”. Hingga akhirnya pada tahun 1973 Prof.Drs.Slamet.Dajono (alm), salah satu dosen matematika IKIP Surabaya membentuk “Himpunan Peminat Matematika”. 

Mendengar hal ini Prof.Dr.Lee Peng Yee yang telah kembali ke Bandung pun menyemangati anggota-anggota ITB untuk menyelenggarakan konferensi Matematika Nasional pertama di Bandung ini yang nantinya sejalan dengan konferensi SEAMS. Dan pada konferensi inilah keputusan dibentuk untuk mendirikan “Himpunan Matematika Indonesia” bukan “Himpunan Matematikawan Indonesia” dikarenakan himpunan ini terbuka bagi siapa saja yang tertarik dengan Matematika, tanpa peduli apakah ia seorang matematikawan atau bukan. Dan pada hari konferensi tersebut semua peserta yang hadir dinyatakan sebagai pendiri Himpunan Matematika Indonesia atau IndoMS ini dengan Prof.Dr.M.Ansjar sebagai ketua pertama.

Begitulah adegan Himpunan Matematika resmi pertama terbentuk, dan aku harap tidak ada yang penasaran lagi ya :>. And last but not least stay curious BINUSIAN 😊.

Kylee Valencia