Lebih Dalam Mengenai Algoritma Ilmu Komputer

Kebanyakan orang saat mendengar kata “Algoritma” akan langsung berpikir bahwa akan berkaitan dengan ilmu komputer dan matematika. Hal ini tidak salah, karena memang algoritma berkaitan erat dengan hal-hal tersebut. 

Secara definisi, algoritma adalah suatu upaya dengan urutan operasi yang disusun secara logis dan sistematis untuk mengeluarkan suatu output yang diinginkan. Algoritma menjelaskan secara jelas langkah-langkah yang akan diambil secara logis untuk menyelesaikan masalah. Komputer memiliki algoritma yang berbeda untuk setiap proses yang dijalankan.

Beberapa Contoh Algoritma:

  1. Rekursi
    Algoritma rekursi adalah algoritma dimana fungsi akan memanggil dirinya secara berulang-ulang hingga kondisi stop terpenuhi. Algoritma rekursi akan selalu memiliki kondisi stop atau berhenti agar fungsi tidak mengulang tanpa batas. Contoh sederhana dari algoritma ini adalah pencarian faktorial dan sekuens Fibonacci.
  2.  Brute Force
    Algoritma ini adalah algoritma dimana akan melakukan pencarian solusi dengan mencoba semua jawaban yang memungkinkan, hingga mencapai solusi yang benar. Algoritma ini jarang digunakan karena sangat memakan waktu dan tidak efisien.
  3. Algoritma Greedy
    Algoritma ini biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi. Algoritma ini adalah algoritma yang “rakus”, dimana akan selalu memilih solusi yang paling optimal tanpa memikirkan yang akan terjadi di masa depan.

Diatas adalah beberapa algoritma ilmu komputer yang sering digunakan. Masih ada banyak sekali algoritma yang dapat digunakan untuk masalah yang berbeda. Untuk itu, penting untuk memahami algoritma yang ingin digunakan terlebih dahulu, agar bisa menyelesaikan masalah. 

Sumber:

https://accurate.id/teknologi/algoritma/

https://idcloudhost.com/algoritma-pemrograman-pengertian-fungsi-cara-kerja-dan-contohnya/

https://media.geeksforgeeks.org/wp-content/cdn-uploads/20191016135223/What-is-Algorithm_-1024×631.jpg

Nobert Pratama