Apa Itu Deep Learning? Contoh Implementasinya?

Apa itu Deep Learning?

     Deep Learning adalah metode pembelajaran yang dilakukan oleh mesin dengan cara meniru bagaimana sistem dasar otak manusia bekerja. Sistem tersebut dikenal sebagai Artificial Neural Network. Pada dasarnya, komputer akan beradaptasi dengan data yang dikumpulkan, mengklasifikasikan berbagai tugas yang dimiliki, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang sulit diselesaikan oleh algoritma machine learning lainnya dengan mempelajari berbagai model. Data yang dikumpulkan bisa berupa gambar, teks, hingga suara. Dengan Deep Learning, tingkat akurasi bisa lebih tinggi dalam mengolah data-data berjumlah besar.

 

Implementasi dalam kehidupan sehari-hari

1. Pengenalan Audio

     Deep learning dapat mengenali suara manusia dan dapat memberikan respon berupa teks. Selain itu, teknologi ini juga dapat memproses berbagai karakteristik suara lain, contohnya pada aplikasi Google Assistant atau Apple Siri.

 

2. Pengenalan Visual

     Teknologi ini digunakan untuk mengenali dan mendeteksi objek  pada gambar dan video. Contohnya antara lain, fitur untuk menandai seseorang dalam sebuah foto di media sosial, fitur face unlock pada ponsel pintar, dan aplikasi Google Photo yang dapat mendeteksi wajah.

 

3. Natural Language Processing

     Natural Language Processing (NLP) merupakan bagian dari Artifical Intelligence yang membantu proses analisis, pemodelan, dan memahami bahasa manusia. Teknik NLP digunakan pada setiap program yang memproses bahasa alami. Contohnya antara lain, mesin penerjemah, digital assistant, mesin pencari, layanan customer service, dan chatbot.

 

4. Pendeteksi Anomali

     Deteksi anomali merupakan tahapan untuk menerjemahkan dan mengidentifikasi pola tidak beraturan atau tidak sesuai dengan perilaku yang diprediksi. Anomali dapat diartikan sebagai pola yang tidak wajar dan dapat menjadi tanda adanya kesalahan dalam sistem. Contohnya antara lain, deteksi penipuan pada suatu aplikasi, sistem pengawasan kesehatan, dan juga memprediksi kesalahan yang terjadi pada sistem.

 

Manfaat Deep Learning

  • Dapat memproses data yang sulit diproses seperti gambar dan suara.
  • Dapat melakukan manipulasi data dengan lebih efisien dan efektif.
  • Mampu menjalankan ekstraksi fitur secara otomatis tanpa melakukan proses pelabelan secara manual.
  • Dapat mengurangi biaya operasional dan memberikan hasil akhir yang berkualitas.

 

Referensi

https://www.cognex.com/blogs/deep-learning/what-is-deep-learning

https://algorit.ma/blog/apa-itu-deep-learning/

https://www.dicoding.com/blog/mengenal-deep-learning/

https://www.binaracademy.com/blog/apa-itu-deep-learning

Gaizkia Adeline Atmaka