Resmi Diperkenalkan, Android Instant Apps mampu Jalankan Aplikasi tanpa Instalasi

Google kali ini resmi memperkenalkan varian produk terbaru mereka yakni sebuah proyek resmi bernama Android Instant Apps dalam ajang pengembang tahunan Google I/O 2016 Developer Conference. Apa saja kelebihan Android Instant Apps ini?

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh Android Instant Apps ini adalah pengguna dapat menjalankan aplikasi tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Ketika pengguna mengklik tautan dan tautan itu terhubung pada sebuah aplikasi tertentu, maka Android bisa menjalankan dan membukanya selayak aplikasi tanpa harus memasangnya terlebih dahulu. Konsep seperti ini sebenarnya bukan hal yang baru karena mirip dengan aplikasi portabel yang biasa ditemui di platform Windows desktop.

Meski konsepnya mirip, Android Instant Apps sedikit berbeda. Android Instant Apps ini ditujukan untuk platform mobile dan terlihat cukup sederhana, yakni pengguna langsung dapat menjalankannya. Di sisi pengembang, Android Instant Apps ini sedikit agak rumit aplikasi yang dikembangkan harus bersifat modular untuk mendukungnya.

Ia dapat bekerja berkat sebuah modul baru pada Google Play Store sehingga sebuah aplikasi bisa berfungsi normal, termasuk mengklik informasi peta, video, iklan digital, sampai sistem pembayaran, tanpa harus menginstal aplikasi. Soal sistem pembayaran, Google menjamin keamanan kendati aplikasi tidak terpasang resmi di perangkat pengguna.

Kehadiran fitur ini dimungkinkan karena Google menyediakan server khusus agar aplikasi bisa berjalan dengan sempurna dan memanfaatkan teknologi cloud computing. Hal ini semakin memudahkan pengguna yang hendak memakai aplikasi di saat itu saja dan bisa menghemat kapasitas penyimpanan data. Google mengungkapkan bahwa Android Instant Apps akan tersedia akhir tahun 2016 ini.

(Sumber: http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160520091537-185-132156/android-bisa-jalankan-aplikasi-tanpa-perlu-instal/)