Perbedaan Bit dan Byte

Istilah bit dan Byte sering kita jumpai saat berurusan dengan komputer dan internet. Sebelum kita menyelami detailnya, singkatnya, bit dan Byte tidak sama. Satu Byte terdiri dari delapan bit.

Apa itu Bit?

Bit merupakan singkatan dari “Binary Digit, yang berarti dua digit. Dua digit merupakan unit terkecil dari operasi digital. Istilah “biner” atau “bit” diperkenalkan oleh John Tukey, seorang ilmuwan di Nokia Bell Labs pada tahun 1947. Sejak saat inilah, istilah bit digunakan di dunia komputasi.

Dalam komputer tidak dikenal angka desimal untuk menyimpan data. Semua data komputer disimpan dalam biner. Hanya dua nilai yang berbeda nilai 0 dan nilai 1 yang dapat direpresentasikan sebagai satu bit. Demikian pula, dalam komunikasi digital, semua level tegangan diubah menjadi data biner.

Apa itu Byte?

Byte adalah unit 8-bit yang digabungkan menjadi satu. Istilah Byte pertama kali dibuat dan digunakan oleh Dr. Werner Buccholz pada tahun 1956 bekerja sebagai ilmuwan di IBM pada saat itu. 

Sistem desimal didasarkan pada 10 digit (0-9), dan sistem biner hanya 2 digit, yaitu angka 0 dan 1. Semua data yang diolah oleh komputer berupa angka 0 dan 1. Dalam komunikasi digital, kedua nilai ini mewakili level tegangan. Dalam satu aplikasi, biner 0 digunakan untuk menyatakan tidak ada tegangan dan biner 1 digunakan untuk mewakili tegangan positif konstan.

Perbedaan Bit dan Byte

Perhatikan bahwa Byte biasanya diwakili oleh huruf besar “B” dan bit diwakili oleh huruf kecil “b”. Oleh karena itu, huruf besar berarti Byte, dan huruf kecil berarti bit. Kecepatan transmisi biasanya dinyatakan dalam bit dan kapasitas penyimpanan data biasanya dinyatakan dalam Byte

Kita sering melihat istilah Byte dan bit ketika melihat kapasitas perangkat penyimpanan data seperti flash drive, hard drive, dll, atau ketika melihat bandwidth dan kecepatan koneksi internet. 

Bandwidth internet biasanya diukur dalam kilobit per detik (kbps). Ini berarti 1.000 bit. Bandwidth internet juga dapat dinyatakan dalam megabit per detik (Mbps). Ini adalah 1 juta bit (1.000.000 bit).  Kapasitas hard disk drive (HDD) komputer biasanya ditentukan dalam gigabyte (disingkat GB).  GB atau gigabyte adalah 1 miliar byte (1.000.000.000 byte) atau 8 miliar bit (8.000.000.000 bit).

Referensi:

https://www.dewaweb.com/blog/jangan-sampai-salah-inilah-perbedaan-bit-dan-byte/ 

https://gmedia.net.id/info/news/detail/424/PERBEDAAN-BIT-DAN-BYTE#:~:text=Pengertian%20Byte&text=Biasanya%20untuk%20memudahkan%2C%20byte%20terdiri,dalam%20sebuah%20komputer%2C%20besaran%20file

https://rodablog.com/wp-content/uploads/2021/08/bit-dan-byte.jpg 

Josephine Cecilia