Bahasa Pemrograman Terbaik

Seiringnya waktu, selalu ada bahasa pemrograman baru yang dikenalkan dalam dunia pemrograman. Sampai saat ini, banyak sekali bahasa pemrograman yang kita ketahui seperti, C, C++, C#, Java, hingga Python. Orang-orang pun tidak memiliki panduan atau urutan pembelajaran bahasa yang benar. Bahasa manapun yang mereka pelajari duluan, tidak ada salah dan tidak ada benarnya juga. Lantas, mana sebenarnya bahasa pemrograman terbaik?

Fortran atau Formula Translation, adalah bahasa pemrograman yang pertama kali dikenalkan kepada programmer. Fortran ditemukan pada tahun 1957 oleh John Backus. Walaupun Fortran terdengar sangat asing, bahasa pemrograman Fortran masih digunakan hingga hari ini untuk melakukan pekerjaan statistik, matematika, dan ilmiah yang kompleks. 

Mengetahui kegunaannya, pastinya Fortran tidak cocok digunakan untuk membuat game. Maka dari itu, bahasa lain ditemukan dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan menggunakan Fortran. 

Bahasa yang paling populer saat ini adalah Python, Java dan C++. Python merupakan bahasa yang paling banyak digunakan dengan alasan syntax yang cukup mudah dan dipakai oleh machine learning developers dan juga data scientists. Java sendiri dinilai sebagai bahasa pemrograman yang aman karena menggunakan bytecode dan sandboxes. Dikenal sebagai salah satu bahasa yang cukup tua, C++ masih digunakan karena dinilai dapat menghasilkan algoritma yang cepat. 

Maka dari itu, sebenarnya tidak ada bahasa yang terbaik dan terburuk. Hanya saja beberapa bahasa pemrograman spesifik lebih baik digunakan untuk kasus dan penyelesaian masalah tertentu. Mana bahasa pemrograman yang anda paling sukai?

Referensi:
https://www.analyticsinsight.net/5-best-programming-languages-of-2022/
https://www.learnacademy.org/blog/first-programming-language-use-microsoft-apple/#:~:text=Created%20in%201957%20by%20John,%2C%20mathematical%2C%20and%20scientific%20work.
https://www.analyticsinsight.net/5-best-programming-languages-of-2022/

Yennifer Wilanata