Artificial Intelligence dan Robotics

Apa itu Robotics?

Robotics adalah cabang ilmu teknik dan komputer yang melibatkan konsepsi, desain, manufaktur, dan pengoperasian robot. Robotics merupakan mesin dibuat untuk melakukan programmed task tanpa campur tangan manusia. Tujuan dari bidang robotika adalah untuk menciptakan mesin cerdas yang dapat membantu manusia dalam berbagai cara.

Artificial Intelligence (AI) dan Robotics telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan kebangkitan mereka dalam industri teknologi menjadi semakin populer. Masa depan robotika terletak pada pengembangan AI, itulah sebabnya kedua teknologi tersebut sering dibahas bersamaan, dan tidak dapat dipisahkan. 

Dengan kemajuan AI dan Robotics, kini mesin mampu melakukan hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil. Contohnya seperti: dapat merakit mobil, mendiagnosa penyakit, dan mengendarai mobil. Terdapat kekhawatiran tentang dampak AI dan Robotics pada pekerjaan dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan robot menjadi lebih mampu menangani tugas-tugas yang pernah dilakukan oleh manusia, ada ketakutan akan kehilangan pekerjaan. Namun, pendukung AI dan Robotics berpendapat bahwa pekerjaan baru akan tercipta sebagai hasil dari kemajuan ini, yang mengarah ke tenaga kerja yang lebih efisien dan produktif.

Referensi:

https://aibusiness.com/verticals/robotics-and-artificial-intelligence-the-role-of-ai-in-robots 

https://www.simplilearn.com/future-of-robotics-article 

https://tk.teknokrat.ac.id/artificial-intelligence-in-robotic/

Moethia Shakira