Algoritme Dalam Machine Learning. Apa Saja Ya?

Machine Learning adalah mesin yang mempelajari ilmu algoritma dan statistik, untuk melakukan task tertentu tanpa adanya instruksi. Berikut jenis-jenis algoritma pada Machine Learning, adalah sebagai berikut:

  • Supervised Machine Learning, algoritma machine learning yang di dalamnya membantu mengaplikasikan informasi yang ada pada data yang sudah ada dengan memberi label tertentu. Algoritma jenis ini dapat memberikan target output yang dilakukan dengan perbandingan pengalaman eksekusi masalah di masa lalu. Contohnya, memprediksi kemungkinan terjadinya bahaya bencana alam, seperti gempa bumi dan tsunami.
  • Unsupervised Machine Learning, algoritma yang tidak memiliki target atau variabel yang harus ditetapkan. Tidak perlu adanya label khusus untuk memprediksi suatu data. Proses dilakukan hanya dengan menginput data dengan benar, selanjutnya untuk urusan output, mesin akan menentukan jalannya sendiri. Contoh untuk segmentasi pasar untuk melakukan campaign secara efektif berdasarkan clustering.
  • Semi-Supervised Machine Learning, mengkombinasikan kedua algoritma supervised dan unsupervised di mana sampel-sampel input yang digunakan untuk melakukan pembelajaran data ada yang berlabel dan ada yang tidak berlabel. Metode ini bisa digunakan dengan metode lainnya seperti klasifikasi, regresi, dan prediksi. Contoh untuk proses identifikasi wajah seseorang pada webcam atau kamera smartphone.
  • Reinforcement Machine Learning, mesin dilatih untuk mengambil suatu keputusan secara spesifik berdasarkan kebutuhan bisnis yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerjanya. Algoritma ini mempelajari suatu kebijakan bagaimana melakukan aksi berdasarkan pengamatan terhadap lingkungan yang ada, lalu setiap aksi menghasilkan akibat bagi lingkungan tersebut, dan lingkungan tersebut memberikan umpan balik (feedback) untuk memandu algoritma tersebut. Contoh untuk robotik, pembuatan game, dan navigasi.

Machine Learning juga dapat diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi. Contoh aplikasi Machine Learning yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti Text Analysis pada, Image Processing, Finance, Search and Recommendation Engine dan Speech Understanding. Adapun pengaplikasian Machine Learning dalam teknologi, yaitu Siri pada Apple, Film Recommendation di Netflix, rute otomatis di Google Maps, Mobil canggih Tesla yang dapat mengemudi sendiri, dan masih banyak lagi.

 

sumber:

https://teknologi.id/artificial-intelligence/mengenal-machine-learning-fungsi-serta-cara-kerjanya

https://images.app.goo.gl/kP2EWyuEq4V5r7mG7

Daniel Chandra