Meningkatkan Toleransi Dengan Teknologi

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak sekali keberagaman. Keberagaman yang ada di Indonesia mulai dari keberagaman suku, ras, budaya, dan agama. Keberagaman ini menjadi sebuah simbol persatuan yang dimuat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Indonesia baik dari segi sumber daya alam maupun keberagamannya. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, mulai dari keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras, dan juga keberagaman anggota golongan.

Indonesia memiliki banyak sekali suku. Suku bangsa atau yang disebut juga etnik dapat diartikan sebagai pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan. Selain itu, kelompok suku bangsa ditandai dengan adanya kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku atau ciri-ciri biologis yang dimiliki. Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku, lebih tepatnya 1.340 suku bangsa. Dalam aspek agama Indonesia sendiri mengakui adanya 6 agama yang terdiri dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan juga Konghucu.

Dengan adanya keberagaman yang sangat banyak ini tentu saja datang dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Belakangan ini Indonesia sering dihantui oleh krisis dalam toleransi, dengan banyaknya perbedaan ini selain menjadi sebuah kebanggaan, perbedaan ini kadang menjadi sebuah sumber perpecahan dalam bangsa Indonesia sendiri. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus tetap menjaga persatuan dan keragaman yang ada di Indonesia dengan memegang teguh semboyan Bhinneka Tunggal Ika. 

Dengan kemajuan teknologi yang pesat kita dapat lebih mudah untuk meningkatkan toleransi kita terhadap perbedaan suku, ras, budaya, dan agama yang ada di Indonesia. Kita dapat memahami lebih dalam tentang berbagai suku, ras, budaya, dan agama yang ada di berbagai belahan nusantara Indonesia. Dengan cara ini kita dapat mengetahui bagaimana cara untuk menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan dan keberagaman yang sangat banyak ini. Melalui teknologi, kita dapat mempelajari dan melihat keindahan-keindahan keberagaman yang disediakan oleh negara kita tercinta Indonesia. 

Contohnya dengan melalui browser atau mesin pencarian melalui internet kita dapat mempelajari dan memahami keberagaman-keberagaman yang ada di Indonesia sehingga kita pun mengetahui indahnya keberagaman yang ada di Indonesia serta dapat saling mengenal dan menghormati antara perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia. Selain melalui mesin pencarian kita juga dapat saling mengenal kebudayaan-kebudayaan lain melalui sosial media yang tersedia. Melalui sosial media ini kita dapat mengenal lebih banyak orang dengan berbagai perbedaan suku, ras, budaya, dan agama yang ada sehingga kita dapat memperluas pertemanan kita ke seluruh penjuru nusantara dan kita dapat saling membagikan pengetahuan pengetahuan tentang masing masing budaya yang kita miliki di sosial media. 

Oleh karena itu mari kita tingkatkan toleransi kita dengan sesama dengan mempelajari dan mengenal lebih dalam berbagai keberagaman yang ada di Indonesia dengan teknologi yang ada. Sehingga kita sebagai warga Indonesia dapat lebih menghargai berbagai perbedaan dan meningkatkan toleransi kita terhadap sesama.

Reference :

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/indahnya-keberagaman-dan-pentingnya-toleransi-di-indonesia/

Andrew Lauwira