Relasi Matematika dan Ilmu Komputer

Seperti Ilmu Pengetahuan, pelajaran Matematika dan Ilmu Komputer menuntut pikiran yang logis. Matematika merupakan pelajaran yang pastinya dipelajari oleh semua orang dan terus dipelajari. Banyak orang berpikir bahwa Matematika adalah pelajaran dimana siswanya dilatih untuk berhitung. Namun, Matematika sebenarnya juga membantu orang untuk berpikir secara logis dalam menyelesaikan soal.

Ilmu Komputer digunakan untuk melakukan proses matematika secara otomatis dan praktis. Maka dari itu, tidak mungkin seseorang bisa menguasai Ilmu Komputer tanpa menguasai Matematika. Keduanya memiliki ikatan yang sangat erat terhadap satu sama lain.

Berbagai aplikasi dan program di komputer tidak lepas dari penerapan aplikasi matematika, berupa operasi Aljabar Linear, matematika diskrit, logika Informatika, statistika, Data Mining, dan lainnya. Teknologi yang semakin berkembang ini menunjukkan perkembangan manusia dalam menerapkan aplikasi matematika dan mengembangkannya di bidang lain dalam kehidupan.

Salah satu bukti nyata terdapat ikatan erat antara ilmu komputer dan matematika dilihat dari adanya matematika diskrit. Matematika diskrit membuat sebuah fondasi yang kuat di bidang pemrograman dan ilmu komputer, khususnya algoritma, komputabilitas, dan kompleksitas. Ketiga hal tersebut digunakan dalam pemrograman. Di dalam subjek matematika diskrit juga terdapat sebuah materi yang disebut aljabar Boolean. Aljabar Boolean digunakan untuk menciptakan fungsi kontrol saat pemrograman. Jika kamu menguasai teori-teori matematika ini, maka akan lebih mudah untuk mempraktikkannya dalam ilmu komputer.

Mari kita sama-sama belajar menguasai Matematika! 


Sumber:

https://www.superprof.co.id/blog/keterkaitan-matematika-dan-ilmu-komputer/

https://www.majid.web.id/2020/07/matematika-dan-ilmu-komputer.html

https://informatika.unimal.ac.id/index/single/83/hubungan-matematika-dan-informatika

Alexander Ryan Wijaya