MENGENAL MACHINE LEARNING DALAM AI

Machine learning adalah pembelajaran mesin yang berperan untuk mempelajari algoritma dan statistika. Machine learning merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Pada dasarnya, machine learning belajar dari suatu data yang ada dalam komputer. Data-data tersebut lalu dianalisis untuk mendapatkan prediksi hasil tanpa adanya campur tangan manusia lagi. Pada pemrosesan data di machine learning, algoritma dapat diperintah untuk menemukan pola dan fitur pada data yang sifatnya besar. Semakin baik peforma algoritma, maka akan semakin akurat juga prediksi data yang dihasilkan saat memroses banyak data sekaligus. 

Machine learning adalah bagian dari Artificial Intelligence yang saling bersilangan dengan Knowledge Discovery dan Data Mining. Kedua hal ini pastinya sudah tidak asing lagi keberadaannya dalam industri teknologi. Contoh kasus yang pasti sudah banyak dikenal oleh orang-orang adalah teknologi Siri yang dapat merespon dan melakukan perintah melalui suara manusia. Machine learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence yang dapat mempelajari sistem dari sebuah data, lalu mengidentifikasi pola dan membuat keputusan dengan campur tangan manusia. 

Adapun cara kerja machine learning adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan data, memisahkan data menjadi 3 bagian, pertama data yang akan dilatih (training data), kedua data yang akan digunakan untuk validasi (validation data), dan yang terakhir adalah data yang digunakan untuk percobaan prediksi (test data).
  • Pemodelan data, menggunakan training data untuk membangun model menggunakan fitur-fitur yang sesuai dengan tujuannya.
  • Validasi model, uji validasi model yang telah ada dengan validasi data. Tujuannya adalah untuk mendapatkan feedback dari analisa yang dilakukan.
  • Menguji model, melihat perbandingan dari kinerja model yang sudah divalidasi dengan test data.
  • Menggunakan test model, mengaplikasikan model yang sudah dilatih untuk membuat prediksi data baru.
  • Menyesuaikan model, memperbaiki kinerja algoritma dengan data yang lebih banyak dengan fitur yang berbeda dan parameter yang disesuaikan.

 

Sumber:

https://medium.com/evolve-machine-learners/mengenal-machine-learning-6c4a48db48b0

https://www.unida.ac.id/teknologi/artikel/mengenal-teknologi-machine-learning.html

Daniel Chandra