Kemampuan-Kemampuan Programming yang Paling Berharga dan Dibutuhkan

Sebagai seorang mahasiswa Teknik Informatika, pasti terkadang ada rasa penasaran apakah kemampuan-kemampuan yang kita pelajari selama kuliah memang digunakan dan berharga di lapangan kerja nanti? Tentu saja, banyak dari kalian yang ingin tahu apa saja kemampuan pemrograman yang dapat membantu kalian dalam mencapai cita-cita kalian dan tak salah jika kita mencari tahu mana kemampuan yang paling dibutuhkan dan berharga paling besar.

Berikut ini ada data-data mengenai banyaknya pekerjaan yang tersedia untuk setiap Bahasa/kemampuan pemrograman dan juga seberapa berharga kemampuan-kemampuan tersebut. Saat ini, ada banyak sekali bahasa pemrograman yang tersedia dan masih akan ada lebih banyak lagi di masa depan. Akan lebih baik, jika kita bisa mengikuti perkembangan jaman dan melihat mana kemampuan yang sesungguhnya benar-benar dibutuhkan.

  1. SQL

Tidak mengejutkan jika SQL menjadi salah satu (jika bukan paling) kemampuan programming yang paling dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan. SQL digunakan di banyak tempat karena teknologi-teknologi database memang digunakan dimana-mana. Hampir seluruh teknologi yang kita gunakan menggunakan teknologi, mulai dari aplikasi-aplikasi di handphone kita hingga aplikasi-aplikasi di laptop kita.

  1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, digunakan oleh jutaan developer di miliaran aplikasi. Java digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi basis di android, sehingga tentu saja Java banyak digunakan dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan untuk membuat aplikasi, apalagi aplikasi berbasis mobile.

  1. Javascript

Javascript, berbeda dengan Java, adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat tampilan sebuah halaman website menjadi lebih menarik dan interaktif. Javascript selalu digunakan oleh web developer untuk membuat website mereka menjadi lebih baik dan fungsional.

  1. C#

Dibandingkan dengan bahasa programming lainnya, C# dapat dikatakan masih terbilang baru. C# digunakan untuk mengembangkan banyak aplikasi enterprise yang berbasiskan .NET framework. C# adalah bahasa yang mudah dipahami, modern, aman, dan berorientsi obyek.

  1. C++

C++ dikembangkan dari C yang hadir lebih dahulu. Kalian dapat melihat aplikasi yang dibuat dengan C++ di sini (http://www.stroustrup.com/applications.html).

  1. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang sangat sederhana dan mudah dibaca karena bahasanya mendekati bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari. Python biasanya menjadi pilihan pertama bagi para pemula yang ingin memahami konsep programming. Belakangan, Python mengalahkan Java sebagai bahasa yang dipilih untuk digunakan dalam mata kuliah pengenalan programming di beberapa universitas terkemuka. Karena banyak digunakan dalam bidang pendidikan, ada banyak library Matematika, Fisika, dan lain-lain, yang dibuat khusus untuk Python.

  1. PHP

PHP adalah scripting language yang dapat digunakan untuk membuat website dalam html. PHP terkenal karena mudah dipahami oleh pemula, namun juga memiliki fitur advanced untuk programmer yang sudah asli.

  1. Ruby on Rails

Ruby adalah bahasa programming umum, meski paling banyak digunakan untuk web programming. Rails adalah framework yang digunanakan untuk Bahasa Ruby. Ruby berkembang dengan cepat dan memiliki banyak library 3rd party. Website-website seperti twitter dan github menggunakan Ruby on Rails setidaknya di salah satu fitur mereka.

  1. iOS/Swift

Bahasa pemrograman yang dicetuskan oleh Apple ini masihlah baru. Swift baru dicetuskan pada tahun 2014 dan ditujukan untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis iOS.

Bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang mungkin bisa kalian pelajari antara lain: C, R, Visual Basic, dan PERL. (4/4/2016)

SOURCE:

  • qz.com/298635/these-programming- languages-will- earn-you- the-most- money/
  • codingdojo.com/blog/9-most- in-demand- programming-languages- of-2016/