Cloud Computing Service Model

Di era kemajuan teknologi yang super cepat ini, daya komputasi kini lebih dituntut dari sebelumnya. Banyak individual ataupun bisnis yang memerlukan daya komputasi untuk menjalankan kerja mereka. Karena demand yang banyak ini, muncul banyak bisnis yang menawarkan jasa cloud computing.

Cloud Computing merupakan teknik gabungan pemanfaatan komputasi komputer melalui internet. Cloud atau awan merupakan metafora yang digunakan untuk mewakili internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan dalam diagram komputer. Cloud computing biasa tersedia sebagai jasa, dimana pelanggan dapat mengakses melalui internet. Cloud Computing memiliki tiga model utama yaitu, Iaas (Infrastructure as a Service), PaaS (Platform as a Service) dan SaaS (Software as a Service).

IaaS merupakan sebuah jasa dimana provider cloud menyediakan user dengan infrastruktur fundamental untuk membuat server virtual, network, virtual computer, penyimpanan data dan lainnya. User dapat mengelola hal-hal seperti sumber daya komputer, operating system dan aplikasi yang akan digunakan, sementara provider mempunyai tanggung jawab untuk menangani hardware, jaringan, server dan penyimpanan data.

Platform as a Service merupakan sebuah jasa dimana cloud provider akan mengelola infrastruktur dan hardware dan menyediakan platform aplikasi, user dapat menggunakan platform tersebut untuk mengembangkan aplikasi mereka. Dengan begitu, user tidak perlu khawatir dengan pemeliharaan hardware, sumber daya dan penyimpanan data dalam menjalankan aplikasi.

Software as a Service merupakan sebuah jasa diamana cloud provider akan mengelola infrastruktur, hardware dan aplikasi. User hanya tinggal menggunakan aplikasi yang disediakan oleh cloud provider. Contoh adalah seperti aplikasi email berbasis internet. User hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut, tanpa harus memikirkan penyimpanan data email dan pengelolaan infrastruktur yang ada di belakang layar.

Dari semua model di atas, tidak ada model yang lebih baik dari yang lain. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pengguna jasa ini harus terlebih dahulu mengidentifikasikan model cloud computing yang paling cocok untuk mereka gunakan sebelum memilih. Dengan begitu, mereka dapat memaksimalkan penggunaan jasa tersebut.

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing

https://www.redhat.com/en/topics/cloud-computing/public-cloud-vs-private-cloud-and-hybrid-cloud

https://aws.amazon.com/id/types-of-cloud-computing/

Nobert Pratama