APK FILE

Pada Whatsapp, terkadang ada nomor asing yang berpura-pura menjadi sesuatu atau seseorang mengirimkan suatu file (biasanya dalam bentuk undangan palsu) dengan maksud melakukan suatu aksi hacking dengan format apk. Orang awam yang menerima pesan tersebut mungkin akan berpikir bahwa file tersebut asli dan langsung memencet file lalu mengunduh file tersebut. Setelah file terunduh maka hacker dapat masuk ke perangkat yang dimiliki korban dan mencuri segala data pribadi korban seperti data internet banking.

Tapi pernahkah kita berpikir apasih file apk itu? bukan, apk bukanlah aplikasi, melainkan android package (APK). Format ini berguna untuk mengunduh dan mendistribusikan suatu aplikasi di sistem operasi android. Hal ini yang membuat mengapa perangkat yang menggunakan sistem operasi IOS bisa aman dari malware APK yang disebar melalui whatsapp.

APK merupakan file arsip seperti zip files. Sehingga APK berisikan berbagai macam file yang disatukan dengan tujuan untuk mengkompres suatu perangkat lunak menjadi lebih ringan. Cara developer membuat file APK yaitu dengan perangkat lunak android studio. Saat aplikasi sudah siap untuk dirilis, android studio akan melakukan compile dan mengkompresnya menjadi file APK.

Isi konten file APK

  • Meta-inf : Direktori yang berisikan filefile yang diperlukan Android Runtime (ART) seperti file manifest, sertifikat, dan lain lain.
  • LIB : Direktori yang berisikan kode untuk berjalan di prosesor tertentu, seperti ARMv7, ARMv8 arm64, x86, dan x86 64.
  • asc : Sebuah file yang mengandung semua sumber daya yang telah dikompilasi, seperti string, gambar, dan lain-lain. Ini untuk memastikan saat aplikasinya aktif.
  • Res : Direktori yang berisikan sumber daya yang tidak dikompilasi dan berada diluar recource.asc
  • Assets : Direktori yang berisikan kode-kode yang dapat melakukan suatu tugas tertentu.
  • dex : Direktori ini berisikan sumber kode yang sudah dikompilasi oleh Android Runtime. Segala bentuk kode di fileapk akan dikonversi menjadi bit dan dieksekusi dalam file classes.dex
  • xml : Merupakan berkas manifes yang berisikan informasi penting, seperti nama aplikasi, versi aplikasi, dan konten file APK.

Referensi:

http://www.makeuseof.com/tag/what-is-apk-file

https://www.browserstack.com/guide/what-is-an-apk-file#:~:text=It%27s%20a%20file%20format%20used,and%20metadata%20about%20the%20application.

Theodore Alexander