Oiran, Wanita Prostitusi Elit dengan Kasta Tertinggi

Definisi Oiran

Ketika anda mendengar kata geisha, pastinya sudah tidak asing lagi. Namun bagaimana dengan istilah oiran (花魁) ? Bagi anda yang mengikuti Wano Kuni Arc One Piece ataupun Entertainment District Arc Kimetsu no Yaiba, pastinya sudah memiliki gambaran tentang oiran. Yuujyō (遊女) adalah pekerja seks yang bekerja di Yuukaku (遊廓) dan oiran merupakan kasta tertinggi dari yuujyō. Ada 3 yūkaku yang terkenal di Jepang, yaitu Shinmachi Yūkaku di Osaka, Shimabara Yūkaku di Kyoto, dan Yoshiwara Yūkaku di Tokyo. Untuk menggunakan jasa dari oiran, diperlukan usaha lebih dan banyak uang yang harus dikeluarkan. Calon pelanggan setidaknya harus bertemu oiran sebanyak 3 kali. Dalam sekali pertemuan, calon pelanggan harus membayar sekitar 600.000 yen. Sampai pada pertemuan ke-3 (dalam artian pertemuan pertama dan ke-2), sang oiran tidak akan berbicara, makan maupun minum. Para pelanggan pun akan saling bersaing untuk menunjukkan bahwa ialah yang pantas mendapatkan layanan oiran. Oiran berhak untuk menolak pelanggan yang tidak disukainya, maka dari itu calon pelanggan harus bersikap sopan. Hal ini juga berarti bahwa oiran memiliki status sosial lebih tinggi dibanding kebanyakan pria di Jepang. 

Cara Menjadi Oiran 

Untuk menjadi oiran, diperlukan pelatihan selama sekitar 10 tahun. Pada tingkat pertama, gadis-gadis ini disebut kamuro (禿). Tugas utama kamuro adalah melayani oiran dan mempelajari kode etik yūkaku yang akan diajari oleh yuujyō senior. Di umur 15-16 tahun, kamuro akan diseleksi untuk menentukan siapa yang pantas menjadi oiran. Dalam tahap ini, mereka naik tingkat menjadi furisode shinzō (振袖新造) dan tidak menerima pelanggan. Di umur 17 tahun, saat furisode shinzō diakui sebagai yuujyō resmi, mereka akan naik tingkat sebagai oiran

Oiran tidak hanya melulu menunjukkan kecantikannya di depan banyak orang, namun juga keahlian dalam berbudaya. Oiran dibekali kemampuan menulis kaligrafi, ikébana (seni merangkai bunga), bermain alat musik (koto & shaminsen), bernyanyi, menari dan melakukan upacara minum teh. Selain itu, oiran juga harus pandai berbicara, mempelajari karya sastra Jepang klasik dan keterampilan untuk bermain Igo (sejenis permainan catur khas Jepang). Dengan banyaknya keterampilan yang dimiliki, Oiran sering disebut-sebut sebagai ‘wanita ideal’.

Oiran Dochū (花魁道中)

Oiran Dochū adalah parade dilakukan saat oiran akan menjemput pelanggan yang telah ia pilih sebelumnya. Dalam parade ini, oiran akan memakai kimono mewah dengan warna cerah, obi yang diikat di depan (manaita), sandal khas Jepang dengan tinggi 18 cm bernama Sanmaiba-geta (三枚歯下駄) supaya oiran terlihat paling tinggi sehingga mudah dilihat banyak orang. Agar terlihat semakin elegan dalam parade, oiran berjalan dengan gaya Hachimonji (八文字) yang membentuk pola angka 8. 

Oiran Dochū memiliki formasi barisan yang unik. Berikut urutannya dari yang pertama sampai yang terakhir : 

  • Di bagian paling depan adalah penari dan penyanyi dengan topeng serigala (kitsune mask)
  • Barisan kedua adalah kanabohiki, yaitu 4 pria yang membawa tongkat besi. Mereka membunyikan tongkat tersebut untuk menarik perhatian orang datang melihat parade. 
  • Barisan ketiga adalah tekomaigeisha, seorang wanita dengan pakaian dan gaya rambut pria.
  • Barisan keempat adalah chochin-mochi, pria yang membawa lentera kertas dengan nama Oiran
  • Barisan kelima adalah kamuro yang berjumlah 1-3. Mereka adalah pelayan oiran
  • Barisan keenam adalah katakashi no otokoshu dan oiran. Katakashi no otokoshu adalah pria yang membantu oiran berjalan dengan bahunya.
  • Barisan ketujuh adalah kasamochi no otokoshu, pria yang memegang payung khas Jepang (和傘, wagasa).
  • Di barisan terakhir adalah furisode shinzō, yaitu calon oiran di masa mendatang.

 

Meskipun di zaman sekarang oiran tidak seeksis dulu lagi, namun nyatanya oiran masih bertahan hingga sekarang. Oiran masa kini tidak benar-benar melayani pelanggan lagi, melainkan hanya simbol keindahan dan keestetikan budaya Jepang. 

 

Referensi :

https://www.youtube.com/watch?v=w_O77dWhyAM&t=543s 

https://www.youtube.com/watch?v=iofmAL2CuzY&t=719s 

https://www.tsunagujapan.com/id/20-facts-you-did-not-know-about-oiran/ 

 

Sheriany Chandra – 2440007730