Semangka Kubus di Jepang

Kita sering sekali bertemu semangka yang berbentuk bulat melonjong, dan memiliki isi yang merah dan manis. Namun di Jepang terdapat semangka yang sangat unik yaitu semangka kubus. Pada kehidupan modern ini, masyarakat Jepang sering membeli semangka kubus dengan alasan harganya yang mahal dan bentuknya yang unik dan keren untuk dilihat.

Cara menumbuhkan semangka kubus cukup mudah, yaitu ketika semangka masih kecil dan masih menempel pada batangnya yang berbentuk menjalar, para petani di Jepang memasukkan semangka tersebut ke dalam kotak terbuat dari kaca yang sulit dipecahkan. Seiring berjalannya waktu, semangka tersebut akan bertumbuh mengikuti bentuk wadahnya, dan arena wadah tempat semangka tersebut transparan, maka semangka tersebut dapat menerima sinar matahari.

Warna dan rasa dari semangka kubus ini pun berbeda. Umumnya pada semangka bulat, di dalamnya berwarna merah dan terasa manis saat dimakan. Namun pada semangka kubus, di dalamnya berwarna merah, oranye, dan kuning dan tidak terlalu terasa manis, rasanya lebih menyerupai timun.

Lalu mengapa semangka kotak diproduksi daripada hanya memproduksi semangka bulat seperti biasa? Alasannya adalah karena semangka kotak lebih mudah untuk disusun, dikemas, dan dikirim dari pada semangka yang bulat. Alasan lainnya juga karena Jepang memiliki masalah ruang dan jarak dalam beberapa tempat yang ramai. Sehingga semangka kubus lebih mudah untuk disimpan di dalam kulkas Jepang yang berukuran kecil.

Buah-buahan juga dianggap sebagai hal yang mewah di Jepang, dan biasanya dijadikan sebagai buah tangan atau hadiah. Ada juga bisnis-bisnis di Jepang yang menaruh fokus pada produksi buah yang sempurna dan berkualitas. Kalian dapat menemukan buah-buahan dalam bentuk unik seperti semangka kubus di toko-toko buah yang mewah di Jepang. Selain itu, di Jepang juga ada rutinitas menjadikan buah sebagai persembahan sebagai rasa hormat dan terima kasih kepada para Dewa.

Walaupun harga semangka ini relatif lebih mahal daripada semangka yang berbentuk bulat, namun bukankah semangka ini tetap unik dan keren?

 

Sumber:

HOW (AND WHY) SQUARE WATERMELONS ARE MADE

https://tokyocheapo.com/lifestyle/square-watermelons-zetsuji-video/

https://nowthisnews.com/videos/food/square-watermelon-is-a-thing-in-japan-but-theyre-just-for-show