Gambaran Konflik dan Politik Amerika Dalam Lagu This is America

This is America merupakan lagu yang diciptakan oleh Donald Glover dalam karakter bermusiknya yang bernama Childish Gabino pada tahun 2018 silam. Video clip dari lagu tersebut telah diputar sebanyak lebih dari 722 juta kali, dalam video clipnya yang menuai perhatian dunia dikarenakan mengandung gambaran dari konflik dan politik dalam negeri Amerika terkait dengan etnis kulit hitam, Jika kita melihat video yang berdurasi  4 menit itu secara seksama maka kita akan mendapatkan pesan yang jelas ingin disampaikan oleh Glover.

Penggunaan celana berwarna coklat dengan kalung emas, memiliki arti yang menunjukan sisi kemanusiaannya sebagai etnis kulit hitam sekaligus budaya konsumerisme. Glover menembak kepala seseorang yang tengah duduk dengan penutup kepala lalu mayatnya diseret begitu saja. Sedangan, senjata api yang digunakan diperlakukan lebih baik dengan diambil oleh seseorang dengan kain berwarna merah. Beberapa orang meyakini bahwa kain berwarna merah itu menunjukan tentang negara bagian amerika yang menganut ideologi republik dimana “senjata lebih dimanusiakan dibanding manusia”.

Dalam pertengahan video, paduan suara gereja yang sedang bernyanyi tiba-tiba dibunuh oleh Glover dengan senjata api “AK-47” yang lagi lagi diambil oleh seseorang dengn kain berwarna merah. Gambaran ini menuju pada peristiwa penembakan 9 orang paduan suara di gereja yang berdominan kulit hitam (African-American) yang dilakukan oleh Dylann Roof di South Carolina pada 2015 silam.

Di akhir video, Glover terlihat berlari di sebuah lorong gelap dan kerap dikejar oleh sekelompok polisi yang mengambarkan bahwa etnis kulit hitam merupakan target dari para polisi” di Amerika. Dalam adegan ini pula Glover menyajikan lirik yang berbunyi “you just a black man in this world.. you just a barcode, ayy.” (kamu hanya orang berkulit hitam.. kamu hanya barcode) yang mengartikan bahwa etnis kulit hitam itu keberadaannya tidak penting di dalam negara Amerika, dan berlari dari pengejaran itu menggambarkan budaya “perbudakan”.

Jika kita melihat video clip ini tanpa memerhatikan Glover, maka kita akan melihat kerusuhan sepanjang video tersebut. Kerusuhan tersebut dapat kita lihat secara langsung dalam kasus kematian George Floyd oleh aparat kepolisian. Dimana kerusuhan besar besaran terjadi di Amerika Serikat, khususnya di 50 negara bagian dan lebih dari 60 negara melakukan kampanye #BlackLivesMatter untuk menuntut keadilan dan kesetaraan dalam ber etnis. Dalam Hubungan Internasional kita dapat menyaksikan bukti jelas bahwa kejadian dalam negeri sebuah negara dapat mempengaruhi negara lain.

 

Sumber:

Gajanan, M. (2018, may 7). TIME. Retrieved from TIME.com: https://time.com/5267198/childish-gambino-donald-glover-this-is-america/

Quinn, M. (2018, may 7). ABC. Retrieved from ABC.net: https://www.abc.net.au/triplej/news/musicnews/childish-gambino-this-is-america-feature/9735100

Shamsian, J. (2018, may 9). INSIDER. Retrieved from INSIDER.com: https://www.insider.com/this-is-america-music-video-meaning-references-childish-gambino-donald-glover-2018-5?amp