VETAMUN 2024: Kemenangan Gemilang Mahasiswa BINUS University dalam Simulasi Sidang PBB

Penyelenggaraan VETAMUN 2024, sebuah ajang bergengsi Model United Nations (MUN) yang diadakan pada 20-21 Juli 2024 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ). Tema besar yang diusung dalam acara ini adalah “Strengthening Global Collaboration for Stability and Sustainability World 2030,” yang bertujuan memperkuat kolaborasi global untuk stabilitas dan keberlanjutan dunia pada tahun 2030.

Kegiatan ini juga bagian dari Proyek Inisiatif Binus University 2024 dengan judul “GR007142: Memperkuat Reputasi Internasional melalui Ekosistem Talent Pool Departemen Hubungan Internasional untuk Meningkatkan Potensi INTAKE” yang dipimpin oleh Dr.Roseno Aji Affandi, S.E., M.M., FM STR, dan beranggotakan beberapa anggota FM lainnya seperti Ibu Dayu Nirma Amurwanti, S.E., M.Sc, Bapak Aditya Permana, S.Fil., M.Hum., dan Patrick Kurniawan, M.A., yang merupakan alumni dan mahasiswa berprestasi BINUS University 2019 yang berperan sebagai coach dalam proyek ini bersama dengan assistant coach-nya Kee Hung Giam.  

Amalya Putri Sanira (kedua dari kiri)

Dalam acara tersebut, dua mahasiswa BINUS University berhasil meraih penghargaan Best Delegate, sebuah pencapaian yang membanggakan bagi institusi dan pribadi masing-masing. Amalya Putri Sanira(2602216173), berhasil meraih penghargaan Best Delegate di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNSC). Ia berperan sebagai delegasi dari Inggris Raya dan membahas topik “The Future of the Israeli-Palestinian Conflict: Possible Pathway to Peace.” Dengan pemahaman yang mendalam dan kemampuan diplomasi yang tinggi, Amalya mampu menyampaikan solusi yang konstruktif dan realistis terhadap konflik yang telah berlangsung lama tersebut.

Gilang Fata Syabana (bagian tengah)

Sementara itu, Gilang Fata Syabana(2602131990), juga berhasil mendapatkan penghargaan Best Delegate dalam dewan UNICEF. Sebagai delegasi dari Estonia, Gilang membahas topik “Addressing Child Poverty and Inequality to Foster Global Stability and Sustainability by 2030.” Dalam presentasinya, Gilang menyoroti pentingnya upaya global dalam mengatasi kemiskinan anak dan ketimpangan untuk mencapai stabilitas dan keberlanjutan dunia pada tahun 2030.

Kedua mahasiswa ini menunjukkan dedikasi dan kemampuan yang luar biasa dalam menyampaikan argumen dan solusi yang relevan dengan topik masing-masing. Keberhasilan mereka tidak hanya mengharumkan nama BINUS University tetapi juga memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berprestasi di tingkat internasional.

Dengan prestasi yang diraih oleh Amalya Putri Sanira dan Gilang Fata Syabana, BINUS University kembali menegaskan komitmennya dalam mencetak generasi muda yang mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif dalam kancah global. Ajang VETAMUN 2024 ini juga diharapkan dapat terus menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan diplomasi, berpikir kritis, dan berkomunikasi efektif dalam forum internasional.

Selamat kepada Amalya dan Gilang atas pencapaian luar biasa ini. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

Evana