Kebakaran Hutan di Texas Yang Menyebabkan Pemberhentian Sementara Pada Operasional Senjata Nuklir Amerika

 

Sebuah pabrik senjata nuklir di negara bagian Texas, AS, menghentikan operasinya kemarin malam ketika kebakaran hutan di daerah tersebut mendekati fasilitas tersebut. (Foto Reuters/selebaran Penyelamatan Kebakaran Greenville)

Kebakaran di Hutan Texas yang sempat membuat pabrik nuklir tutup

Kebakaran hutan yang meluas di Dallas Texas, pada 28 Februari 2024, memaksa adanya evakuasi pemerintah kota dan penutupan sejumlah gedung serta jalur akses, termasuk tempat operasional senjata nuklir Amerika Serikat, Pantex.

Salah satu masalah lingkungan yang paling umum adalah kebakaran hutan dan lahan, yang saat ini dianggap sangat signifikan sehingga menjadi perhatian lokal dan internasional. (Cahyono et al. 2015). Adanya angin kencang serta keringnya rerumputan di Dallas membuat suhu menjadi panas. Akibatnya, Desa-desa di sekitar daerah  mengalami kebakaran yang berasal dari wilayah Panhandle. 

Cuaca kering adalah salah satu variabel eksternal yang memicu kebakaran hutan. Namun, ditemukan juga faktor lain yang menjadi pemicu. Seperti industri perusahaan dan perilaku individu terkait dengan kebakaran hutan. (Özokcu et al, 2017).

Selain itu, hal ini menyebabkan area yang terkena dampak seperti lahan pada hutan menjadi lebih dari dua kali lipat dalam satu hari. Hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah dari adanya kejadian kebakaran, Gubernur Greg Abbott dari Partai Republik, telah mengambil tindakan, termasuk menutup sekolah dan lokasi-lokasi tertentu. Penutupan dilakukan di Municipal, Canadian, dan Lipscomb, di antara lokasi-lokasi lainnya. Saat ini, baik negara bagian maupun otoritas setempat tidak mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kebakaran yang mengakibatkan api menyebar ke seluruh area.

Terlepas dari penutupan di beberapa lokasi Pantex, fasilitas nuklir operasional di sekitar area juga ditutup sebagai tindakan pencegahan terhadap peristiwa yang berpotensi lebih berbahaya. Para anggota di lokasi setempat juga telah dievakuasi, menurut juru bicara administrasi keselamatan nuklir, yang juga menyarankan orang-orang untuk berhati-hati saat berada di dekat lokasi kebakaran. Dalam insiden ini, para petugas pemadam kebakaran berupaya keras untuk memadamkan api meskipun dalam keadaan yang belum stabil. Upaya pemadaman api dianggap cukup sulit karena cuaca yang terdapat di tempat kejadian sangat panas dan cenderung kering. Selain kaadaan yang panas dan juga kering, kencangnya angin menjadikan kobaran api semakin membesar dan cepat menyebar ketempat lainnya. Sejauh yang di informasikan oleh para pemadam, tidak ada korban dalam kejadian ini. Namun, beberapa lokasi dan bangunan hancur akibat dari kebakaran dan angin kencang.  Pemerintah pun memberikan peringatan kepada penduduk setempat untuk selalu waspada dan tetap mengikuti arahan yang dihimbau oleh para pihak yang berwenang untuk menangani kasus ini. 

Kebakaran lahan dan hutan disebabkan oleh dua hal, Menurut Cahyono et al. (2015), faktor pertama karena faktor alam dan yang kedua karena faktor manusia. Kebakaran hutan yang terjadi telah menjadi saksi dari adanya perubahan iklim yang menciptakan makin bertambahnya bencana alam. Cuaca pada saat itu juga telah mempengaruhi ekonomi penduduk setempat. Seperti pabrik Pantex yang merupakan salah satu sumber pekerja terbesar pada salah satu wilayah di Dallas. Diketahui Perusahaan pantex yang merupakan pabrik yang  beroperasi dalam segi perakitan senjata nuklir serta pengujian bahan peledak yang memiliki kekuatan berskala tinggi. Pabrik Pantex telah diberitahukan untuk membangun penghalang untuk menghentikan api. Oleh sebab itu, operasional yang terdapat di tempat pabrik terpaksa harus dihentikan terlebih dahulu hingga keadaan menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan dari setiap senjata dan material  agar tidak bersentuhan dengan percikan api. Selain itu, menurut pihak pabrik yang mengawasi operasi, semua senjata dan peralatan berada di bawah kendali dan berada di luar garis bahaya kebakaran.

References :

Pabrik Senjata Nuklir Amerika Hentikan Operasi Akibat Kebakaran Hutan di Texas. (2024, February 28). Harian Fajar. https://harian.fajar.co.id/2024/02/28/pabrik-senjata-nuklir-amerika-hentikan-operasi-akibat-kebakaran-hutan-di-texas/2/

Hanum, Z. (2024, February 28). Pabrik senjata nuklir sempat ditutup imbas kebakaran hutan Texas. mediaindonesia.com, All Rights Reserved. https://mediaindonesia.com/internasional/655135/pabrik-senjata-nuklir-sempat-ditutup-imbas-kebakaran-hutan-texas

Christiastuti, N. (2024, February 28). Tutup karena Kebakaran Hutan, Pabrik Senjata Nuklir AS Dibuka Lagi. Detiknews. https://news.detik.com/internasional/d-7216644/tutup-karena-kebakaran-hutan-pabrik-senjata-nuklir-as-dibuka-lagi/2

Pratama, R. L. (2024, February 28). Kebakaran hutan Texas meluas, fasilitas senjata nuklir AS berhenti beroperasi. KOMPAS.tv. https://www.kompas.tv/internasional/488827/kebakaran-hutan-texas-meluas-fasilitas-senjata-nuklir-as-berhenti-beroperasi

Hero  Saharjo, B., & Hasanah, U. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KEBAKARAN  HUTAN DAN LAHAN DI KABUPATEN PULANG PISAU,  KALIMANTAN TENGAH. Journal of Tropical Silviculture, 14(02), 25–29. https://www.bing.com/search?q=ANALISIS+FAKTOR+PENYEBAB+TERJADINYA+KEBAKARAN++HUTAN+DAN+LAHAN+DI+KABUPATEN+PULANG+PISAU%2C++KALIMANTAN+TENGAH&form=ANNH01&refig=7d957fe66fea4b088566398b29652d97&pc=LCTS

Hero Saharjo, B. (2022). RESEARCH FOR FIRE PREVENTION MANAGEMENT IN INDONESIA (SMOKE, HAZE, GHG EMISSION REDUCTION, AND DEFORESTATION). Silvikultur Tropika, 13(1), 1–13. 

 

Indira Aulia