Permasalahan Gender Inequality di Berbagai Belahan Dunia

https://rosalux-geneva.org/christa-wichterich/

Masalah kesetaraan gender pada saat ini masih menjadi isu yang sering dibicarakan di berbagai belahan dunia seperti di kawasan Eropa, Asia, Amerika, maupun Afrika. Masalah kesetaraan gender yang terjadi di dunia pada saat ini juga terkait dengan hak-hak seperti hak pendidikan, hak kesehatan, hak kepemilikan, hak politik maupun hak pekerjaan. Dalam permasalahan kesetaraan gender di dunia pada saat ini, wanita lah yang paling sering mendapatkan ketidakadilan maupun ketidaksetaraan nya yang dibandingkan dengan pria. Tetapi dengan berkembangnya zaman juga, permasalahan kesetaraan gender ini mulai membaik dikarenakan pola pikir manusia yang sudah berkembang pesat pada saat ini.

Terkait dengan masalah kesetaraan gender di dunia, pada saat ini negara-negara yang berada di kawasan Eropa sendiri  mempunyai keadaan terkait kesetaraan gender yang lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain dikarenakan World Economic Forum (WEF) yang menyatakan bahwa adanya kebijakan warga di negara-negara kawasan Eropa sendiri yang sudah menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan berkeluarga. Pada kawasan Eropa sendiri, Islandia merupakan negara dengan kesetaraan gender yang baik dikarenakan wanita maupun pria mempunyai akses yang sama untuk mendapatkan hak pendidikan, kesehatan, pekerjaan maupun politik. Walaupun masalah kesetaraan gender di kawasan eropa mempunyai kondisi yang baik tetapi masih terjadi kesenjangan maupun ketidaksetaraan gender seperti kekerasan pada wanita maupun kesenjangan upah yang sering kali terjadi di negara Estonia dan Jerman. Selanjutnya, masalah kesetaraan gender juga menjadi isu yang penting pada benua Asia, adanya ketidaksetaraan gender yang terjadi pada wanita di Asia seperti kesenjangan upah yang cukup besar, maupun adanya ketidaksetaraan hak dalam pekerjaan, pendidikan cukup sering terjadi pada negara-negara di kawasan Asia. Walaupun adanya ketidaksetaraan gender yang terjadi kawasan Asia tetapi adanya inisiatif bagi negara-negara di kawasan Asia untuk mengatasi masalah maupun tantangan-tantangan pada kesetaraan gender. Contoh negara di kawasan Asia yang mempunyai kondisi yang baik dalam kesetaraan gender adalah Filipina, hal ini dikarenakan negara Filipina memberikan akses yang sama bagi pria maupun wanita untuk mendapatkan hak pendidikan maupun hak kesehatan. Sebaliknya, India merupakan negara dengan ketidaksetaraan gender yang cukup tinggi dikarenakan wanita di India yang mempunyai keterbatasan nya dalam membuat keputusan dan kebebasan nya yang menyebabkan berkurangnya untuk mendapatkan hak pendidikan, pekerjaan, dan hubungan sosial.

Selanjutnya beralih ke bagian dunia lain yaitu Amerika Utara, Afrika Sub-Sahara, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Pada dasarnya, hingga kini masalah kesetaraan gender merupakan hak yang menjadi perhatian banyak orang. Hal ini disebabkan karena semakin berkembangnya zaman, maka semakin berkembang pula pola pikir setiap orang tentang kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki. Negara di bagian Amerika Utara merupakan golongan negara yang cukup baik dalam mengatasi masalah kesetaraan gender. Negara ini  bersama dengan Kanada memang bisa dibilang baik dalam bidang pendidikan yang merata tanpa memandang gender. Namun, untuk bidang politik sendiri,  Kanada masih perlu membenahi sistem mereka bagi seluruh gender. Sehingga baik laki laki maupun perempuan dapat merasakan hal yang sama. Kemudian wilayah selanjutnya adalah Afrika Sub-Sahara dimana Chad dan Pantai Gading menjadi pusat kesenjangan daerah tersebut. Meskipun begitu dibandingkan negara lain, partisipasi perempuan dalam negara ini tergolong paling baik. Perempuan dapat secara aktif bergabung dalam bidang politik tanpa adanya ancaman. Terakhir adalah Timur Tengah dan Afrika Utara yang menjadi negara dengan kesenjangan paling tinggi di dunia. Kondisi kesetaraan gender paling rendah ada pada negara Timur Tengah. Perempuan di Timur tengah tergolong sulit untuk mendapatkan hak mereka untuk mengenyam pendidikan. Hal ini tentu harus segera dibenahi oleh negara. 

 

Hingga kini setiap negara di dunia sedang giat untuk memperjuangkan kesetaraan gender agar perempuan bisa merasakan hak dan fasilitas yang sama dengan laki-laki. Zaman yang sudah berkembang membuat semakin banyak negara yang mulai terbuka terhadap hak perempuan. Dibandingkan zaman sebelumnya, meskipun tidak merata zaman sekarang kesetaraan gender lebih giat diperjuangkan. Kesetaraan gender termasuk ke dalam hak manusia sehingga perempuan juga berhak mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan tanpa adanya diskriminasi. 

 

Reference : 

BBC News Indonesia. (2013, October 25). Kesetaraan gender di berbagai belahan dunia. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2013/10/131025_perempuan_vj_peta 

Euronews. (2021, March 2). Why does gender inequality in Europe still exist? Euronews. https://www.euronews.com/next/2021/02/24/why-does-gender-inequality-in-europe-still-exist

Gender Equity in Asia. (n.d.). RAND. https://www.rand.org/international/capp/programs/gender-equity-in-asia.html

Gender equality. (n.d.). UNICEF India. https://www.unicef.org/india/what-we-do/gender-equality

The gender inequalities in the European Union. (n.d.-b). The Gender Inequalities in the European Union. https://www.europarl.europa.eu/at-your-service/en/be-heard/eurobarometer/the-gender-inequalities-in-the-european-union#:~:text=Europeans%20consider%20the%20most%20important%20gender%20inequality%20to,M%2062%25%29%20see%20it%20as%20a%20%27serious%27%20problem.

Website, R. (2021). Gender dalam Praktek Ekonomi Politik Internasional dan Keamanan Global (Bagian 1 dari 3 tulisan). PUSAT RISET POLITIK. https://politik.brin.go.id/kolom/etnisitas-gender-agama/gender-dalam-praktek-ekonomi-politik-internasional-dan-keamanan-global-bagian-1-dari-3-tulisan-1/ 

 

Author:

  • Theresa Evlind | Staff of Journalist Team
  • Nursoko Andhika Setiawan | Staff of Journalist Team

Editor:

  • Joey Susilo | Head of Journalist and Reporter Team
IRB News - Journalist Team