TRUMP AKAN TARIK PASUKAN AS DARI AFGANISTAN DAN IRAK SEBELUM DILENGSERKAN

Sumber: REUTERS / Tom Brenner

Setelah sebelumnya Trump dikabarkan telah memecat Menteri Pertahanan Mark Esper yang menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) masih harus mempertahankan pasukannya di Afganistan untuk mendukung dan menjaga kawasan tersebut dari pemberotak Taliban, akhirnya mengumumkan akan mengurangi jumlah pasukannya di Afganistan dan Irak untuk menepati janjinya dalam mengakhiri konflik di luar negeri.

Dilansir dari CNN Indonesia, Trump melalui Pentagon mengumumkan bahwa AS akan megurangi pasukannya ke jumlah paling sedikit selama kurang lebih 20 tahun terakhir di Afganistan dan Irak (17/11). Menteri Pertahanan AS saat ini, Chris Miller menjelaskan bahwa AS akan menarik pasukannya sehingga hanya akan tersisa sekitar 2.500 pasukan di Afganistan dan Irak pada 2021 nanti, dimana ia juga mengatakan bahwa AS sudah mendapatkan tujuannya untuk membantu para sekutu dan lokal untuk memimpin pertempuran, juga untuk menumpas para ekstrimis Islam.

Sumber: John Moore/Getty Images/AFP

Walaupun begitu, tim Pentagon yang baru saja diganti itu masih belum mengarahkan untuk segera menarik pasukannya dari Afganistan dan Irak. Hal ini membuat para sekutu dan pejabat AS untuk menerka-nerka bahwa Trump setidaknya akan mulai menarik pasukan AS sebelum ia lengser dari jabatan kepresidenannya sekarang. Hal ini terlihat dari beberapa bulan terakhir, dimana Trump perlahan-lahan mulai menarik pasukan tambahannya di Irak.

Mendengar berita penarikan pasukan AS di Afganistan dan Irak, banyak pihak yang kecewa dan mengkritik keputusan tersebut. Seperti dilansir dari Tempo.co, sejumlah pejabat AS, khususnya dibidang militer telah mendesak Trump untuk tidak menarik pasukan AS dan untuk mempertahankan jumlah pasukannya saat ini, yaitu sekitar 4.500 personel di tiap negara. Hal ini dikarenakan masih adanya kegiatan pemberontakan dan kekerasan militan di negara-negara tersebut.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa Donald Trump telah kalah dari Joe Biden dalam pemilihan presiden AS, dimana Joe Biden berhasil menang dengan total 306 electoral votes.

 

Sumber:

CNN Indonesia. (2020, November 18). Jelang Lengser Trump Tarik Pasukan dari Afganistan dan Irak. Retrieved from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20201118050923-134-571091/jelang-lengser-trump-tarik-pasukan-dari-afganistan-dan-irak

TEMPO.CO. (2020, November 17). Trump Mau Tarik Pasukan AS dari Afganistan dan Irak Sebelum Joe Biden Dilantik. Retrieved from TEMPO.CO: https://dunia.tempo.co/read/1405995/trump-mau-tarik-pasukan-as-dari-afganistan-dan-irak-sebelum-joe-biden-dilantik/full&view=ok

 

Author & Editor: Andini Jasmin Hayuningtyas Gobel | IRB News

Andini Jasmin H.G.