Misi Penyelamatan Diplomat AS Dalam Film Argo

Salah satu film yang bisa menambah wawasan kita tentang Ilmu Hubungan Internasional yaitu film Argo. Film Argo yang rilis pada tahun 2012, menceritakan tentang misi penyelamatan diplomat Amerika Serikat yang menjadi korban dalam Iran Hostage Crisis atau Krisis Penyanderaan Iran yang terjadi pada tahun 1979. Penyanderaan pada awalnya terjadi di kedutaan Amerika Serikat yang berada di Tehran, Iran. 52 petugas kedutaan AS pun ditahan selama 444 hari.

Iran Hostage Crisis

Krisis ini bermula pada 4 November 1979, dimana mahasiswa Iran melampiaskan kemarahannya karena pemerintah Amerika Serikat pada saat itu mengizinkan Mohammad Reza Pahlavi, Shah Iran yang telah dilengserkan untuk berpergian ke New York. Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter tidak dapat menyelesaikan krisis tersebut lewat jalur diplomatis. Krisis ini dikatakan sebagai awal mula dari hubungan Iran dan Amerika yang tidak baik. Hingga saat ini, hubungan Iran dan Amerika Serikat masih selalu dipenuhi dengan konflik & ketegangan.

Dalam ranah hubungan internasional sendiri, Film Argo dapat diinterpretasikan baik secara ideal atau realistis. Secara ideal, film ini dapat diinterpretasikan sebagai sebuah film yang dokumenter semu yang menceritakan hal-hal yang apa adanya dan disukung oleh beberapa akting brilian dan naskah yang hebat. Lalu secara realistis, Argo dapat ditafsirkan sebagai film yang menceritakan kisah dari perspektif yang sangat Amerika dan mengagungkan organisasi intelijennya, CIA. Dari Film Argo juga kita dapat menganalisis secara kritis penyebab, konsekuensi, dan interpretasi dari peristiwa yang melanda Iran pada era pasca Perang Dingin, serta bagaimana mereka memengaruhi hubungan diplomatik antar berbagai negara.

 

Sumber:

Aini, N. (2020, January 20). Sejarah Hari Ini: Penyanderaan Warga AS di Iran Berakhir. Retrieved October 23, 2020, from https://republika.co.id/berita/q4dtvg382/sejarah-hari-ini-penyanderaan-warga-as-di-iran-berakhir

Resty. (2020, October 23). 5 Film yang Wajib Ditonton Oleh Mahasiswa Hubungan Internasional. Retrieved October 23, 2020, from https://www.idntimes.com/hype/entertainment/resty/film-mahasiswa-hubungan-internasional-exp-c1c2

Utami, N. (2017, Februari). Respon Iran Terhadap Film Argo, 4(2), 1-10.
https://media.neliti.com/media/publications/209346-none.pdf