Study Tour 2023 – HONEY: Hands on Learning in The Food Industry

Pada hari Kamis, tepatnya tanggal 24 Agustus 2023, HIMFOODTECH kembali mengadakan acara kunjungan studi atau study tour secara onsite yang bertemakan HONEY. HONEY sendiri merupakan akronim dari “Hands on Learning in the Food Industry” dan perusahaan yang dikunjungi pada kesempatan ini adalah PT. Ajinomoto Indonesia yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Kegiatan diawali dengan mengarahkan para peserta untuk berkumpul di Lobby Drop-off Binus University Alam Sutera pada pukul 09.40 WIB. Seluruh peserta yang sudah berkumpul akan diberikan beberapa arahan sembari bersiap-siap untuk memasuki bus yang akan berangkat pada pukul 10.00 WIB. Serta, para peserta juga dibagikan konsumsi untuk makan siang selama perjalanan menuju Pabrik Kunjungan di Karawang.

Gambar 1. Persiapan berangkat menuju PT. Ajinomoto

  • Presentation Room

Setelah sampai di PT. Ajinomoto, peserta berkumpul di Presentation Room Ajinomoto Visitor Center (AVC) untuk mendengarkan beberapa sambutan dari ketua umum HIMFOODTECH, ketua event Study tour, serta perwakilan dari PT. Ajinomoto Indonesia. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai safety introduction agar seluruh peserta mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan selama menjalani kegiatan study tour di area Pabrik. Selanjutnya dilakukan pemaparan materi mengenai bijak garam beserta sesi Q&A mengenai pengonsumsian produk garam dan MSG.

Dalam rangka memudahkan keberlangsungan kunjungan studi, seluruh peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 akan melakukan kunjungan ke area pabrik terlebih dahulu, lalu dilanjutkan kunjungan ke Exhibition Area dan Ruang Sensory. Sebaliknya, kelompok 2 akan melakukan kunjungan studi dimulai dari Exhibition area.

Gambar 2. Pemaparan Materi tentang Bijak Garam

  • Pabrik Produksi

Sebelum kunjungan ke area produksi, peserta akan melewati koridor Walking Gallery yang memuat berbagai informasi terkait sejarah diciptakannya produk tersebut dan metode pengolahan bahan baku hingga menjadi produk. Para peserta berkesempatan untuk mengunjungi area produksi dan Walking Gallery salah satu produk PT. Ajinomoto Indonesia, yakni Masako. Melalui kegiatan ini, peserta berkesempatan untuk mempelajari dan mengetahui informasi terkait proses yang dilakukan sebelum dilakukan sebelum terhasilkan produk Masako, seperti  proses produksi ekstraksi daging sapi dan ayam, proses pengayakan dan pencampuran Masako, penyeleksian rempah, desain kemasan, hingga distribusi dan pengelolaan sales. Selain itu, terdapat sampel bahan baku dan produk dari Masako yang dapat dicicipi oleh peserta. Kegiatan kunjungan dilanjutkan ke area kunjungan produksi yang memperlihatkan rangkaian proses produksi Masako seperti pengepakkan dan proses palletizing. Namun, sayangnya peserta tidak diperbolehkan untuk mengambil foto atau video pada koridor yang memperlihatkan area produksi.

Gambar 3. Peserta menyimak penjelasan pada koridor pengunjung Masako.

  • Exhibition Area

Sebelum melakukan kunjungan ke Exhibition area, peserta duduk di teater umami untuk menyaksikan pemutaran video mengenai umami serta sejarah penemuannya. Selama di Exhibition area dijelaskan mengenai sejarah umami, rahasia umami, proses produksi Ajinomoto, dan kebijakan halal dari Ajinomoto.

Gambar 4. Peserta menyimak penjelasan pada Exhibition area.

  • Activity Area

Pada activity area, peserta dipersilahkan mencuci tangan dan duduk pada kursi yang disediakan untuk melakukan sensory test atau uji kekuatan rasa terhadap umami dalam kaldu ayam dan salad buah. Peserta diminta untuk merasakan rasa dari umami dalam kaldu ayam yang tersaji dan membandingkannya dengan sampel yang disediakan. Selanjutnya, peserta menyaksikan pemutaran video mengenai tahap pembuatan salad buah dengan produk Mayumi dari PT Ajinomoto.

Gambar 5. Kegiatan Sensory dan Food Test

Setelah para peserta melakukan kunjungan ke tiga tempat yang telah disebutkan sebelumnya, para peserta kembali ke presentation room dan mengisi post-test. Selain itu, dilakukan juga sesi kuis dan pembagian merchandise kepada para peserta serta penyerahan plakat kepada pihak PT Ajinomoto Indonesia. Sebagai penutup kegiatan Study tour ini, para peserta serta panitia yang hadir dibagikan rangkaian produk dari PT Ajinomoto serta snack dan dilakukan sesi dokumentasi bersama sebelum kembali menaiki bus untuk perjalanan pulang menuju BINUS Alam Sutera.

Gambar 6. Dokumentasi bersama di PT. Ajinomoto