DIVERFOODIES 2023 ( FOODHIBITION · WFDC · FO · BAKWAN )

DIVERFOODIES 2023

DIVERFOODIES adalah acara tahunan yang dikelola oleh Himpunan Food Technology (HIMFOODTECH) Universitas BINUS untuk merayakan Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober. Pada tahun ini, DIVERFOODIES mengangkat tema Antioksidan dan terdiri dari tiga sub-acara, yakni Foodhibition X BAKWAN, Food Olympic, dan World Food Day Campaign.

FOODHIBITION merupakan acara dari Himpunan Mahasiswa Food Technology (HIMFOODTECH) Binus University yang berupa acara pameran berisi poster infografis terkait inovasi dalam dunia pangan. Poster yang ditampilkan merupakan hasil ide dari mahasiswa Food Technology BINUS University, yang nantinya akan di-voting oleh para peserta yang menghadiri pameran FOODHIBITION. Acara FOODHIBITION diselenggarakan dalam rangka hari pangan sedunia yang bertepatan pada tanggal 16 Oktober. Tahun ini, FOODHIBITION dilaksanakan pada tanggal 28-30 November 2023, setiap pukul 09.00 – 16.00 di Lobby Binus Alam Sutera.

Acara FOODHIBITION pada tahun 2023 memiliki tema dekorasi menyesuaikan dengan tema “ 3D Halloween”. Acara FOODHIBITION dimulai dengan para panitia mempersiapkan pameran dan merapikan dekor yang telah dirangkai. Setiap panitia tentunya telah dibagi shift untuk menjaga stand FOODHIBITION. Pergantian shift dilakukan setiap jam 9 pagi, 11 siang, 1 siang dan terakhir pada pukul 3 siang, dan dibagikan secara rata untuk semua panitia FOODHIBITION. Para peserta lomba poster akan diperbolehkan untuk masuk kedalam lokasi pameran secara gratis dan melakukan voting, akan tetapi mereka tidak akan mendapatkan benefit voucher BAKWAN. Sedangkan, untuk para peserta yang ingin mengunjungi lokasi pameran dan bukan merupakan peserta lomba, mereka akan membayar tiket masuk seharga Rp20.000,00, dengan benefit voucher BAKWAN seharga Rp10.000,00. Saat masuk kedalam lokasi pameran, peserta akan diberi stamp ditangan mereka sebagai tanda bahwa mereka telah menghadiri acara FOODHIBITION dan boleh mengambil voucher BAKWAN. Selain itu, para peserta juga diberikan selembar kertas berisi angka untuk melakukan voting pada akhir kunjungan, dimana angka tersebut merepresentasikan angka yang telah dicantumkan di atas setiap poster di partisi. Peserta akan mengamati semua poster yang ditampilkan di setiap partisi, bersama dengan poster para alumni jurusan Food Technology yang ikut  serta meramaikan acara FOODHIBITION pada tahun ini. Dan sebelum meninggalkan area FOODHIBITION, mereka akan diminta untuk melakukan pemilihan untuk poster terbaik, yang dilakukan dengan cara mencentang atau melingkari angka urutan yang telah dicantumkan di setiap gantungan poster, dan kertas tersebut akan dimasukkan kedalam kotak voting. Sistem ini dilakukan secara 3 hari, dan 3 pemenang dari lomba FOODHIBITION diambil dari hasil perhitungan voting terbanyak.

BAKWAN merupakan salah satu program kerja divisi entrepreneurship HIMFOODTECH yang diselenggarakan bersamaan dengan salah satu program kerja DIVERFOODIES yang diadakan setiap tahunnya. BAKWAN merupakan singkatan dari Bazar Bersama Kawan HIMFOODTECH yang berisikan tenant-tenant dari berbagai jenis makanan dan minuman. Acara ini diadakan selama 5 hari berturut-turut, dimulai dari 27 November hingga 1 Desember 2023 dari jam 09.00 – 17.00 WIB, dan dilaksanakan di Atrium Binus Alam Sutera. Pada hari pertama, para tenant mulai loading barang di pukul 07.00. Walaupun baru hari pertama, para mahasiswa sangat tertarik untuk membeli makanan dan minuman di bazar BAKWAN, terbukti dengan keramaian dan panjangnya antrian. HIMFOODTECH juga membuka booth dengan menjual berbagai makanan dan minuman, seperti Churos ubi ungu, Nugget tempe, Cocopandan squash, Susu regal, dan lainnya. Terdapat 15 tenant yang berjualan di BAKWAN selama lima hari, yaitu Kenth Coffee, Menthaibychel, Omomochi, Tahu Gejrot Arjuna, Bagote, Teh Poci, Enacho, Siomay Yulmon, Chicongfan 88 Pak Komar, Es Sari Tebu Kamca, Jeruk Peras Koko, Jeji Chewy Puff, Goedboss, Kanjee, dan Burger Jadul. BAKWAN pada hari pertama pun tutup pukul 17.00.

Pada hari kedua, para tenant mulai datang di pukul 08.00. Namun, ada beberapa tenant juga yang tidak datang atau telat karena kondisinya masing-masing. Hari kedua berjalan lebih lancar daripada hari pertama. Kondisi listrik untuk masing-masing booth juga sudah dapat digunakan dengan baik. Mulai hari ini, voucher bakwan sudah mulai diedarkan, sehingga sudah ada beberapa voucher yang ditukarkan. Voucher tersebut akan di reimburse oleh panitia kepada para tenant dihari berikutnya. HIMFOODTECH juga memiliki tambahan menu, yaitu risol. HIMFOODTECH juga sudah tersedia poster yang berisikan menu dan harga-harganya dengan desain yang sesuai tema DIVERFOODIES. BAKWAN berjalan dengan lancar dan ditutup pada pukul 17.00. Pada hari ketiga, para tenant mulai datang di pukul 08.00. Pada hari ini, seluruh tenant datang dan hanya beberapa yang telat. Sama seperti hari kedua, hari ketiga berjalan dengan lancar. Sempat terjadi masalah listrik lagi dimana alat yang digunakan tidak dapat nyala. Namun, masalah tersebut segera diselesaikan dengan menegaskan kesepakatan dan informasi yang disampaikan sebelum bazaar. HIMFOODTECH juga membuka boothnya dan melakukan penjualan. BAKWAN berjalan dengan lancar dan ditutup pada pukul 17.00. Pada hari keempat, para tenant mulai datang di pukul 08.00. Sama dengan hari-hari sebelumnya, BAKWAN berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan seluruh tenant dan panitia juga sudah beradaptasi dengan situasi bazaar. BAKWAN pun ditutup pada pukul 17.00 setelah para tenant sudah selesai melakukan penjualan.

Pada hari terakhir, sama seperti hari-hari sebelumnya, para tenant mulai datang pada pukul 08.00. Hari terakhir BAKWAN jatuh pada hari jumat, dimana tidak banyak mahasiswa yang memiliki kelas pada jam 11.00-13.00, sehingga pembeli pun tidak sebanyak hari sebelumnya. Banyak tenant yang sepi pembeli sehingga saat waktunya tutup mereka masih memiliki stok dagangan. Saat mendekati waktu tutup, para tenant membereskan barang-barang mereka, dan BAKWAN hari terakhir ini ditutup pada pukul 17.00. Loading out dilakukan oleh vendor partisi setelah para tenant selesai membereskan barang mereka. BAKWAN telah terlaksana dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala selama pelaksanaannya.

Pada pagi hari, acara dimulai dengan Recipe Innovation x Infographic sebagai salah satu acara dari Food Olympic. Acara Recipe Innovation x Inphographic merupakan salah satu rangkaian acara Food Olympic yang juga merupakan gabungan dari acara besar DIVERFOODIES. Acara dimulai dengan doa pembuka, dan beberapa kata sambutan dari dosen, ketua HIMFOODTECH 2023/2024, Ketua Event Diverfoodies, dan PIC Acara. Recipe Innovation x Infographic dijurikan oleh Pak Reggie dan bu Ervina. Dilakukan pengundian nomor urut untuk presentasi final yang dilakukan oleh peserta. Presentasi dimulai dengan SMA Pahoa, diikuti dengan SMA Debritto kelompok Jocia, SMA Debritto kelompok Yohanes, SMA Pahoa, dan terakhir Loyola. Kemudian setelah semua kelompok melakukan presentasi, dilakukan istirahat untuk juri mendiskusikan. Setelah waktu istirahat, pengumuman pemenang dilakukan. Dan pemenang juara 3 dalam lomba Recipe Innovation x Infographic adalah sekolah SMAN Kuta Selatan, juara 2 adalah SMA Pahoa, dan juara 1 adalah SMAK Tri Tunggal. Selamat kepada ketiga tim karena telah menjalankan prosesi lomba hingga akhirnya dapat meraih kejuaraan. Kemudian dilakukan dokumentasi kepada semua tim. Dan acara diakhiri dengan doa penutup dan foto foto bersama.

Gambar 1. Recipe Innovation × Infographic

Gambar 2. Recipe Innovation × Infographic

Gambar 3. Recipe Innovation × Infographic

Bagian acara dari Food Olympic termasuk Modern Scientific Article yang merupakan perlombaan penulisan artikel ilmiah oleh murid-murid SMA di Indonesia dan presentasi lima kelompok terunggul yang turut hadir dalam acara yang dilakukan di BINUS University pada hari Sabtu tanggal 2 Desember 2023. Acara dimulai pada sore hari dengan masuknya peserta dari sekolah SMA Pahoa, SMA Kolose Loyola Semarang dan SMA Kolose De Britto. Acara pertama dimulai dengan pembukaan dari MC yang bertanya kepada peserta tentang persiapan mereka untuk perlombaan dan presentasi mereka. Kemudian rangkaian acara dilanjutkan dengan doa pembuka oleh Kevin Ray Emmanuel, kemudian kata sambutan oleh salah satu dosen yang merupakan juri perlombaan Ibu Ervina S.Gz, M.Sc, PhD dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua HIMFOODTECH Natalia Devi A.R.M., kata sambutan oleh ketua event DIVERFOODIES Jasmine Bun dan kata sambutan oleh PIC acara Food Olympic Calvin Arnoldi Irawan.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan juri pada perlombaan ini yang merupakan dosen dari jurusan Food Technology Ibu Ervina S.Gz, M.Sc, PhD bersama dengan Bapak Reggie Surya S.T.P., M.Sc, PhD. Selanjutnya pengundian nomor urut presentasi dilakukan oleh perwakilan setiap kelompok yang maju ke depan dan mengambil kertas yang telah disediakan oleh panitia dan presentasi berdasarkan urutan pada nomor yang tertera di kertas. Setiap kelompok diberi 10 menit untuk presentasi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh juri selama 5 menit. Kelompok pertama yang akan melakukan presentasi pertama adalah SMA Pahoa dengan perwakilan kelompok Handy yang mempresentasikan modern scientific article dengan topik antioksidan dari buah lobi-lobi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari juri. Kemudian urutan presentasi kedua yang dibawakan oleh kelompok kedua dari SMA Kolose De Britto dengan perwakilan kelompok Jevon yang mempresentasikan modern scientific article dengan topik fortifikasi serbuk daun kelor dan cabai kering pada tempe sebagai sumber antioksidan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari juri.

Gambar 4. Modern scientific article

            Kemudian urutan presentasi kedua yang dibawakan oleh kelompok kedua dari SMA Kolose De Britto dengan perwakilan kelompok Hans yang mempresentasikan modern scientific article dengan topik fortifikasi serbuk daun kelor dan cabai kering pada tempe sebagai sumber antioksidan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari juri. Selanjutnya urutan presentasi ketiga yang dibawakan oleh kelompok ketiga dari SMA Kolose De Britto dengan perwakilan kelompok hans yang mempresentasikan modern scientific article dengan topik modifikasi snack bar kaya antioksidan berbahan tepung kulit pisang, kacang hijau, goji berry dan buah bit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari juri.

Gambar 5. Modern scientific article

            Selanjutnya urutan presentasi kelima yang merupakan kelompok terakhir dibawakan oleh kelompok lima dari SMA Kolose Loyola Semarang dengan perwakilan kelompok Melvin yang mempresentasikan modern scientific article dengan topik teh kombucha daun dewandaru sebagai sumber antioksidan. Setelah semua kelompok ikut serta dalam mempresentasikan hasil karya modern scientific article masing-masing, pengumuman pemenang beserta penyerahan beasiswa dan sertifikat dilaksanakan dengan juara 3 yang diraih oleh SMA Kolose De Britto dengan ketua kelompok  Jevon Gio Tanta Saputra, juara 2 diraih oleh SMA Pahoa dengan ketua kelompok  Maura Godiva Suyoso dan juara 1 diraih oleh SMA Kolose Loyola Semarang dengan ketua kelompok Melvin Warren Ainsley. Dan terakhir acara ditutup dengan doa penutup oleh Kevin Ray Emmanuel.

Gambar 6. Modern scientific article

WFDC (World Food Day Campaign) merupakan acara dari Himpunan Mahasiswa Food Technology (HIMFOODTECH) Binus University yang berupa workshop dan seminar (offline). Acara WFDC diselenggarakan dalam rangka hari pangan sedunia yang bertepatan pada tanggal 16 Oktober. Pada tahun ini, WFDC dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2023 pukul 14:00 di ruangan B0301, Binus Alam Sutera dengan topik “Dessert can be good for you!: Matcha as an antioxidant”.

mengenai matcha. Acara ini dimulai dari workshop, membuat dessert box matcha. Dalam 1 meja, peserta terdiri atas 4 orang, setiap orang memiliki kesempatan untuk membuat 1 dessert box. Dalam pembuatan dessert box, matcha powder yang digunakan berasal dari matchamu. Matchamu merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang berasal dari matcha. Setelah melakukan workshop, peserta mengikuti seminar mengenai matcha. Materi ini dibawakan oleh Kak Lintang Wuriantari, yang merupakan founder dari Matchamu. Kak Lintang membawakan materi mengenai perjalanan matchamu, apa yang melatar belakangi bedirinya matchamu, serta kerjasama yang dilakukan oleh matchamu. Selain itu, Kak Lintang juga menjelaskan mengenai pengertian matcha, sejarah matcha, proses pengolahan matcha secara perkebunan dan pabrik, manfaat matcha sebagai antioksidan, dan berbagai macam yang sudah ada di Indonesia. Kak Lintang menjelaskan bahwa matchamu memulai perjalanannya paa tahun 2013. Selama kurang lebih 10 tahun, matchamu telah bekerjasama dengan 300 client yang terdiri atas foodex, kopi yor, McDonald, Starbucks, puyo, kopi janji jiwa, dan masih banyak lainnya. Dalam acara WFDC ini, matchamu memberikan goodie bag kepada peserta yang berisi puyo dan bubuk matcha dari matchamu.

Pada hari pelaksanaan, acara dimulai jam 14.00. Sebelum waktu menunjukan pukul 14.00, peserta sudah mulai datang dan mengisi daftar hadir di depan ruangan. Peserta langsung diarahkan untuk mengisi meja yang kosong terlebih dahulu. Pukul 14.27, para MC langsung membuka acara yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua HIMFOODTECH, ketua acara Diverfoodies, dan PIC acara WFDC. Kemudian, peserta bermain games melalui Kahoot. Pukul 14.52, salah satu panitia memandu peserta untuk membuat dessert box yang merupakan kegiatan dari workshop acara ini. Pembuatannya sangat mudah dan peserta terlihat antusias dalam membuatnya. Bahan-bahan sudah disediakan di setiap meja. Dikarenakan dessert box yang paling kreatif akan dimenangkan, para peserta berlomba-lomba untuk membuat dessert boxnya se-kreatif mungkin. Setelah workshop selesai, peserta diberi waktu untuk beristirahat sebentar. Tidak lama kemudian sekitar pukul 16.00, seminar yang dibawakan oleh Lintang Wuriantari dimulai. Lintang merupakan co-founder dari Matchamu, sebuah usaha matcha yang berkorlaborasi dengan HIMFOODTECH di acara ini. Ternyata, Matchamu menjadi supplier matcha untuk merek-merek terkenal lho! Matchamu juga sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Setelah seminar selesai, MC mengumumkan pemenang dari lomba poster Foodhibition yang merupakan sub acara dari Diverfoodies. MC juga mengumumkan pemenang games, dessert box yang paling kreatif, dan pertanyaan yang paling bagus saat sesi QnA. Acara ditutup dengan foto bersama. Sebagai “oleh-oleh”, peserta mendapat goodie bag dari Matchamu.