BENCHMARKING HERBS (HIMFOODTECH RELATION BUILDING): KEGIATAN ONSITE STUDI BANDING ANTARA HIMFOODTECH BINUS DENGAN HMTP/HMPPI UPH

Acara benchmarking dimulai dengan kumpul di Binus pada pukul 07.00 – 07.30 pagi. Pada saat kumpul, panitia memberikan informasi mengenai acara, jadwal kegiatan, serta tata cara pelaksanaan kegiatan benchmarking. Kegiatan ini dibawakan oleh Rufka dan semua anggota dan peserta yang mengikuti acara ini sudah berkumpul.

Gambar 1. Titik Berkumpul di BINUS

Setelah kumpul di Binus, tepatnya pada jam 07.30 – 08.00 (dibawa oleh Rufka) seluruh peserta diarahkan untuk bergerak menuju UPH menggunakan bus yang telah disediakan oleh panitia dan kendaraan pribadi. Selama perjalanan, peserta dapat menggunakan waktu untuk berdiskusi dan berinteraksi satu sama lain, serta mempersiapkan diri untuk kegiatan benchmarking yang akan dilakukan.

Gambar 2. Perjalanan dengan Menggunakan Bus BINUS

Sesampainya di UPH, tepatnya jam 08.00-08.30 (dibawakan oleh Kevin) seluruh peserta diarahkan untuk menuju ruang acara dan panitia melakukan persiapan sebelum kegiatan dimulai. Persiapan meliputi pengecekan alat presentasi, pengaturan tata letak ruang acara, dan pemeriksaan kebutuhan teknis lainnya.

Setelah persiapan dilakukan, pada jam 08.30 – 08.45 (dibawakan oleh Tania) panitia diberikan briefing mengenai agenda acara, aturan dan tata cara kegiatan benchmarking, serta beberapa informasi yang akan menjadi objek benchmarking. Peserta akan diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait acara. Ketua dan koordinator terlibat disini untuk mempersiapkan para panitia.

Setelah briefing selesai, pada 08.45 – 09.00 (dibawakan oleh Maylanie) peserta yang telah hadir akan diarahkan untuk memasuki venue dan mengikuti kegiatan benchmarking. Beberapa panitia akan bertugas untuk mengkoordinasikan peserta dan memastikan agar seluruh kegiatan berjalan lancar.

Gambar 3. Venue Benchmarking di Ruang Kelas UPH

Acara dimulai dengan pengisian entry ticket dan pembacaan doa, seperti event event lain pada umumnya. Setelah doa pembuka dibacakan, ada kata-kata sambutan oleh Natalia Devi Ayu selaku ketua HIMFOODTECH, Cindy Aurelia selaku ketua HMTP, dan Marcellina Angeline selaku ketua event HERBS ini. Setelah kata-kata sambutan diberikan, giliran pertama untuk memaparkan materi jatuh kepada tangan HIMFOODTECH. Pemaparan materi ini berisi tentang program kerja yang dilakukan di HIMFOODTECH dan susunan divisi HIMFOODTECH.

Gambar 4. Pemaparan Materi oleh DPI Umum HIMFOODTECH

Setelah pemamaparan materi dan sesi Q&A dari Him Foodtech dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking dimana semua peserta akan bermain permainan bola masuk yang akan dimainkan secara berkelompok. Permainan bola masuk ini dimainkan dengan cara melempar bola kearah belakang dan bola ditangkap dengan sebuah baskom. Sesi Ice Breaking ini bertujuan untuk menghilangkan ketegangan para peserta benchmarking ini.

Gambar 5. Ice Breaking Games

Setelah melakukan Ice Breaking acar dilanjutkan dengan pemaparan materi dari HMTP UPH. Pada sesi ini kita akan dikenalkan mengenai HMTP UPH dari visi misi HMTP UPH, divisi-divisi yang terdapat pada HMTP UPH, event yang dilakukan tiap tahunnya, dan struktur kepemimpinan himpunannya. Seperti contoh salah satunya adalah acara Are You Aware? (AYA) yang merupakan salah satu event dari divisi sosial HMTP UPH yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai isu-isu sosial terkait pangan melalui media sosial.

Setelah sesi pemaparan materi dari HMTP UPH acara benchmarking dilanjutkan dengan sesi diskusi antara divisi-divisi HIM Foodtech dan HMTP UPH. Sesi ini merupakan sesi yang bertujuan untuk mengdiskusikan segala aspek dari event, cara kerja, keanggotaan, sistem kepemimpinan antara divisi masing masing antar Himpunan. Contohnya : diskusi antara divisi Enterperneurship HIM Foodtech dengan divisi Sosial HMTP UPH yang mengdiskusikan mengenai research yang dilakukan masing masing himpunan.

Gambar 6. Sesi Sharing antara Petinggi HIMFOODTECH dengan HMTP UPH

Setelah sesi diskusi acara benchmarking memasuki sesi penutupan dengan sesi penyerahan plakat dari HIM Foodtech kepada HMTP UPH dengan perwakilan dari masing masing himpunan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi acara benchmarking dengan foto bersama semua peserta benchmarking HIM Foodtech x HMTP UPH. Setelah dokumentasi dilakukan sesi doa penutup untuk mengakhiri acara benchmarking. Dan terakhir acara benchmarking ditutup dengan penetupan dari MC dan pengisian exit ticket acara.

Gambar 7. Penyerahan Plakat

Gambar 8. Sesi Dokumentasi Akhir