TIPS & TRICKS PENYAJIAN MANGGA DENGAN LEBIH MUDAH DAN EFISIEN

Oleh:

Angelia Stephanie – 2501965525

Dycha Ramadhan – 2502016815

Thin – 2440004376

Pengertian

Buah Mangga mempunyai nama lain yaitu Mangifera Indica atau mempelam yang termasuk ke dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang mempunyai 35-40 anggota, tanaman dan buah ini berasal dari india dan pohon mangga memiliki struktur batang yang tinggi atau Habitus yang termasuk dalam kelompok arboreus yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m dan bias mencapai 10 bahkan 40 m, tanaman ini memiliki daun yang berwarna kemerahan, keunguan atau kekuningan kemudian akan terjadi perubahan pada bagian permukaan atas menjadi hijau yang mengilat tetapi permukaan bawahnya akan menjadi hijau muda saat daun mulai tua dan daun nya sendiri mempunyai beberapa bentuk yaitu berbentuk lonjong, bulat telur, segi empat dengan ujungnya runcing dan segi empat dengan ujung membulat.

Buah Mangga merupakan kelompok buah drupe yang berdaging dengan memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda beda mulai dari bulat, lonjong dan lainya kemudian kulit buah mangga agak tebal berbintik kelenjar warna hijau, kekuningan atau kemerahan saat matang (Ad, 2021).

Kandungan & manfaat

Kandungan gizi untuk 165 gram mangga antara lain yaitu sebagai berikut (Media, 2021):

  • Kalori = 99 kal
  • Protein = 1 gram
  • Karbohidrat = 24,7 gram
  • Lemak = 0,6 gram
  • Serat = 2,6 gram
  • Tembaga = 20% untuk kebutuhan sehari-hari
  • Folat = 18% untuk kebutuhan sehari-hari
  • Niasin = 7% untuk kebutuhan sehari-hari
  • Vitamin C = 60 mg atau 67% untuk kebutuhan sehari-hari
  • Vitamin A = 10% untuk kebutuhan harian
  • Vitamin E = 9,7% untuk kebutuhan sehari-hari
  • Vitamin B5 = 6,5% untuk kebutuhan sehari-hari

Mangga bermanfaat untuk kesehatan kita karena mangga ini kaya akan antioksidan, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan saluran cerna, dan mencegah penuaan pada mata. Mangga mengandung banyak antioksidan seperti mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, asam benzoat, dan lain-lain. Antioksidan terbanyak dalam mangga adalah polifenol. Antioksidan ini membantu mencegah radikal bebas yang kedepannya dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskuler, dan kanker. Vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam mangga juga membantu meningkatkan imun. Dimana vitamin A berguna untuk mencegah risiko terkena infeksi dan vitamin C berguna untuk memicu tubuh untuk menghasilkan sel darah putih yang berperan sebagai sistem imun manusia. Magnesium dan potasium dalam mangga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah agar tekanan darah tinggi berkurang dan kesehatan jantung terjaga. Untuk menjaga kesehatan saluran cerna, air dan serat dalam mangga membantu mencegah konstipasi dalam tubuh kita. Sedangkan, untuk mencegah penuaan pada mata, vitamin A, antioksidan lutein, dan zeaxanthin dalam mangga membantu menurunkan risiko penyakit makula degeneratif (Media, 2021).

Cara penyajian

1. Glass Technique

Gambar 1. Step Pertama

Setiap mangga memiliki biji pipih yang panjang di tengahnya, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memposisikan batangnya di atas, lalu potong sisi-sisi mangga (Abraham, 2018).

Gambar 2. Step Kedua

Semakin tipis gelas maka hasilnya akan semakin baik hasilnya karena hal ini memudahkan untuk memisahkan daging dari kulitnya. Terus geser buah ke dalam gelas sampai Anda menembus ke ujung irisan yang lain (Abraham, 2018).

Gambar 3. Step Ketiga

Buah harus keluar bersih dari kulit sebagai setengah sempurna. Selanjutnya dapat dipotong sesuai dengan selera (Abraham, 2018).

2. The Right Way!

Gambar 4. Proses Pemotongan Mangga yang Benar dan Efisien

Sebagian besar orang tidak tau cara yang benar dalam mengupas mangga agar semua bagian dapat terambil. Dengan cara ini semua bagian dari mangga bisa diambil tanpa menyisakan daging yang menempel. Setiap mangga memiliki biji pipih yang panjang di tengahnya, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memposisikan batangnya di atas, lalu potong sisi-sisi mangga. Selanjutnya, dengan menggunakan pisau pengupas, potong pola kotak pada setiap bagian mangga, pastikan tidak memotong kulitnya. Tekan bagian bawah setengah sehingga bagian dalam buah didorong keluar menjadi kubus individu. Gunakan sendok atau pisau pengupas untuk menyendok buah dari kulit mangga (Abraham, 2018).

Referensi

Abraham, L. (2018, 10 1). Here’s The Easiest Way To Cut A Mango. Retrieved from Delish: https://www.delish.com/kitchen-tools/kitchen-secrets/a20143097/how-to-cut-a-mango/

Media, K. C. (2021, October 27). Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/27/140000923/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-buah-mangga-untuk-kesehatan

Ad. (2021). Mangga – Penjelasan Klasifikasi, Kandungan, Jenis, dan Manfaat Buah Mangga. Fauna dan Flora. Retrieved from https://www.faunadanflora.com/penjelasan-klasifikasi-kandungan-jenis-dan-manfaat-buah-mangga/