TERNYATA AIR MINUM KEMASAN BANYAK JENISNYA LOH!

Andreas Marcellius Stevenson
2001555875

Sumber Gambar: http://reps-id.com/wp-content/uploads/2014/03/air-minum-kemasan-1.jpg

HALLO FOODIES! Apakah kalian merupakan salah satu penggemar air minum kemasan? Jika ya, maka kalian perlu mengetahui beberapa informasi mengenai air minum kemasan. Air minum kemasan merupakan pilihan yang mudah dan murah bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air minum kemasan yang dijajakan di pasar, supermarket, ataupun toko ternyata tidaklah sama, namun memiliki beberapa jenis yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Jadi, apa saja jenis-jenis air minum kemasan?

Menurut Food and Drug Administration (FDA) yang merupakan lembaga pemeriksa dan pengawas obat-obatan dan makanan yang berada di Amerika, air minum kemasan dapat dibedakan menjadi tujuh jenis, antara lain adalah Spring water, Purified water, Mineral water, Sparkling water, Artesian water, Well water, dan Municipal water.

Spring water merupakan air minum kemasan dimana air yang digunakan merupakan air yang berasal dari formasi bawah bumi. Air yang digunakan inilah merupakan air yang mengalir secara alami ke permukaan bumi.  Spring water dinyatakan sebagai air yang paling murni serta telah terbebas dari berbagai macam zat kimia ataupun zat pencemar lainnya. Selain aman karena masih murni, spring water juga kaya akan kandungan mineral didalamnya. Kandungan mineral tersebut berasal dari bebatuan yang telah dilalui oleh aliran air. Hal inilah yang menyebabkan spring water merupakan air minum kemasan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, spring water hanya dapat diperoleh pada saat musim semi.

Purified water adalah salah satu jenis air minum dalam kemasan. Purified water merupakan air minum dalam kemasan yang telah melalui beberapa proses pengolahan terlebih dahulu. Proses pengolahan yang dilakukan untuk memperoleh purified water yaitu distilasi dan deionisasi atau penyaringan osmosis terbalik. Proses pengolahan tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan bakteri dan bahan berbahaya lain yang telah terlarut dalam air. Setelah melalui proses tersebut, purified water menjadi produk air minum yang murni. Pada umumnya, purified water dikenal dengan label “air minum yang dimurnikan”, “air minum osmosis terbalik”, atau “air minum terdestilisasi”.

Mineral water atau yang biasa dikenal dengan air mineral merupakan air minum dalam kemasan yang memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Kandungan mineral yang terdapat dalam mineral water dapat merupakan mineral yang diperoleh alami secara langsung ataupun buatan. Selain mengandung mineral, beberapa mineral water juga mengandung zat kimia yang terbentuk dari cemaran bebatuan pada saat proses air mengalir. Mineral water merupakan jenis air minum kemasan yang paling banyak ditemui di pasar Indonesia.

Sparkling water juga merupakan salah satu jenis air minum kemasan yang dapat ditemukan di pasar Indonesia meskipun dalam jumlah yang relatif sedikit dibandingkan dengan pasar di negara-negara Eropa. Sparkling water merupakan air minum kemasan yang terdiri dari air yang mengandung karbon dioksida (CO2). Kandungan karbon dioksida pada sparkling water menyebabkan terbentuknya soda (berkarbonasi). Namun, sparkling water ini tidak mengandung kalori. Pada umumnya, sparkling water dapat ditemukan dengan label “sparkling drinking water”, “sparkling mineral water”, atau “sparkling spring water”.

Artesian water merupakan air minum kemasan yang didalamnya telah terisi oleh air yang berasal dari bawah lapisan bebatuan dalam tanah. Artesian water mirip dengan spring water yang juga berasal dari lapisan dalam tanah, namun artesian water ini tidak didapatkan secara alami karena air mengalir ke permukaan, namun jenis air minum ini dapat diperoleh dengan menggunakan bantuan sumur bor.

Well water sesuai dengan namanya merupakan air minum dalam kemasan yang cukup baik bagi tubuh karena air minum jenis ini mengandung air yang berasal dari dalam tanah dan tidak melalui berbagai proses yang membuat kualitas air menjadi rusak atau menurun. Well water didapatkan dengan cara mengambil air yang berasal dari dalam lubang yang telah dibuat dengan sengaja didalam tanah.

Municipal water yaitu salah satu air minum kemasan yang airnnya berasal dari keran yang berada diberbagai tempat, baik dirumah, dikantor, ditempat perbelanjaan, dan di tempat lainnya. Municipal water dapat disebut juga sebagai tap water. Air ini dapat langsung dikonsumsi dari keran karena air ini telah aman dan layak untuk dikonsumsi secara langsung tanpa melalui proses pemasakan lagi. Namun, air minum jenis ini hanya terdapat di beberapa negara saja, dan di Indonesia belum mengenal dan menggunakan municipal water atau tap water ini.

Itulah tujuh jenis air minum kemasan yang perlu diketahui, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang sangat gemar mengonsumsi air minum kemasan dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk mendapatkan air minum kemasan yang terbaik dan aman, haruslah diingat untuk memperhatikan logo atau label izin BPOM yang menandakan bahwa produk air minum kemasan tersebut telah lolos pemeriksaan BPOM dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, perlu diperhatikan juga mengenai kandungan yang ada didalam air minum kemasan tersebut yang dapat dilihat pada bagian nutrition fact. Semoga informasi mengenai air minum kemasan tersebut bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua.

                                                                                                                                                            

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka:

http://eprints.ung.ac.id/11162/2/2015-1-2-61201-931411003-bab1-04122015085145.pdf

https://lordbroken.wordpress.com/category/industri-minuman/air-minum-dalam-kemasan/

https://www.info-kesehatan.net/2017/10/jenis-macam-air-minum-kemasan.html

Alaerts, G dan Sumestri, S. 1984. Metoda Penelitian Air. Usaha Nasional: Surabaya.

Amelia, Meivita, dkk. 2004. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan Di Bogor. Jurnal Teknik Industri Pertanian:13(3) : 97-107.