PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) 2021 HIMFOODTECH x SISP: Festival Pentingnya Gizi Seimbang pada 1000 Hari Pertama Kehidupan

Oleh:

Operator Division Of PPM 2021

“Festival Pentingnya Gizi Seimbang pada 1000 Hari Pertama Kehidupan” yang diselenggarakan oleh HIMFOODTECH berkolaborasi dengan Satu Ibu Satu Pohon (SISP)

  • Latar Belakang Kegiatan PPM 2021

Pengabdian pada masyarakat (PPM) yang dilakukan oleh HIMFOODTECH (Himpunan Food Technology) Binus University dilakukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakt dalam bentuk webinar. Pada webinar kali ini, kami HIMFOODTECH bekerjasama dengan Satu Ibu Satu Pohon (SISP) untuk mengedukasi komunitas ibu-ibu yang terdapat di SISP. Bentuk kegiatan PPM kali ini mengambil topik mengenai pentingya gizi seimbang pada 1000 hari pertama kehidupan. Topik ini kami angkat karena dalam masa new normal ini, kesehatan adalah hal terutama yang harus kita waspadai. Terutama kesehatan anak-anak yang masih kecil dan sangat rawan terhadap berbagai penyakit dari kondisi, lingkungan, dan hal lainnya. Tidak sedikit komunitas ibu-ibu yang masih sangat kurang pengetahuan dalam menjaga kesehatan anak-anaknya. Banyak anak-anak yang mengalami kondisi stunting, dimana kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibandingkan tinggi badan anak seusianya. Webinar ini bertujuan untuk mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak-anak yang masih kecil, supaya anak mereka bisa bertumbuh dengan baik dan normal.

  • Sesi pembuka, doa, dan sambutan

Kegiatan dibuka oleh Rahel Novelia Christianty, selaku MC acara dengan nada yang semangat sekialigus mengajak, “Halo moms!, selamat siang dan selamat datang di acara webinar pengabidan pada masyarakat dengan tema pentingya gizi seimbang pada 1000 hari pertama. Begitu kira-kira pembukaan yang disampaikan oleh Rahel, tidak lupa juga untuk menyampaikannya dengan semangat supaya mereka yang mendengarkan ikut semangat mendengarkan acaranya dari awal sampai akhir.

Kegiatan PPM ini dilakukan selama tiga hari yaitu pada tanggal 5,6, dan 7 November 2021 diawali dengan doa dan kata sambutan. Doa dipimpin oleh Rahel selaku panitia dan MC dari acara ini. Doa ini dipimpin oleh Rahel supaya acaranya bisa berjalan dengan baik dan lancar dari awal sampai akhir.

Pada hari pertama, gerakan SISP diperkenalkan kepada peserta yang hadir oleh salah satu perwakilan dari SISP yaitu Masha. Ia menjelaskan tentang latar belakang dari gerakan Satu Ibu Satu Pohon (SISP) dan juga tujuan dari gerakan ini. Setelah itu ada juga pengelaan HIMFOODTECH oleh Valencia Devina selaku ketua event dari acara pengabdian pada masyarakat tahun 2021. Pada hari kedua masih dengan orang yang sama menjelaskan gerakan SISP dan HIMFOODTECH. Pada hari yang terakhir, pengenakan SISP dilakukan oleh founder dari gerakan itu sendiri, yaitu Abigail Marcia.

  • Sesi pengenalan pembicara

Kata pepatah sederhana berbunyi “Tak Kenal Maka Tak Sayang” oleh karena itu sebelum memasuki sesi utama dari rangkaian acara Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), Evie selaku moderator memandu para peserta untuk mengenal pembicara yang bersangkutan. Sesi perkenalan diawali dengan menjabarkan nama, latar belakang pendidikan, dan profesi pembicara. Pada hari pertama PPM, moderator mengenalkan Ibu Diana Lo selaku pembicara. Ibu Diana Lo merupakan seorang dosen Food Technology BINUS University yang mengemban pendidikan S3 Food Science di salah satu universitas ternama di Taiwan. Selanjutnya pada hari kedua PPM, moderator mengenalkan Ibu Nur Fathonah Sadek sebagai pembicara. Ibu Sadek sapaan akrabnya, merupakan seorang dosen Food Technology BINUS University yang mengembang pendidikan S3 Food Scince di salah satu universitas negeri ternama di Bogor. Pada hari ketiga PPM, moderator mengenalkan dr. Ariani D. Widodo sebagai pembicara. dr. Ariani merupakan seorang dokter spesialis anak yang mengemban pendidikan S3 di salah satu universitas negeri ternama di Jakarta. Ketiga pembicara yang dikenalkan oleh moderator merupakan tokoh yang handal dibidangnya.

  • Sesi materi selama 3 hari festival (5, 6, dan 7 November 2021)

Kegiatan PPM HIMFOODTECH 2021 bersama SISP dengan tema besar “Festival Pentingnya Gizi Seimbang pada 1000 Hari Pertama Kehidupan” selama 3 hari ini, mengangkat topik yang berbeda setiap harinya untuk memperkaya pengetahuan para peserta ibu-ibu demi gizi seimbang si kecil. Pada hari pertama, kegiatan PPM mengangkat topik “Pengenalan Gizi Seimbang dalam Isi Piringku dengan Metode Rainbow”, yang dibawakan oleh Ibu Diana Lo sekaligus dosen dan ketua departemen Food Technology dari Universitas Binus. Dalam kesempatan ini, Ibu Diana Lo memberikan pemahaman dan pengenalan tentang metode rainbow yang fokus pada penyajian berbagai jenis kombinasi komponen warna dari sayur maupun buah dalam isi piring anak. Dengan pembawaan topik yang menarik, para peserta menunjukkan antusiasnya dengan berbagai reaksi menyenangkan, lo! Tentunya karena topik tersebut membangun kreativitas ibu-ibu untuk dapat meningkatkan appetite anak dengan menyediakan makanan gizi seimbang yang mengombinasikan pigmen warna menarik, sekaligus dapat memberi manfaat kesehatan, namun tetap cermat pada pemilihan porsi suatu bahan pangan dengan tepat tanpa terjadinya overconsumption.

Gambar 1. Ibu Diana Lo sebagai pemateri PPM 2021 hari pertama berfoto bersama E-sertifikat dan plakat

Pada hari kedua, kegiatan PPM dilanjutkan dengan mengangkat topik “Cerdas Memilih Bahan Pangan untuk Penuhi Gizi Seimbang dan Mencegah Stunting”, yang dibawakan oleh salah satu dosen Food Technology dari Universitas Binus kembali, yaitu Ibu Nur Fathonah Sadek atau dapat kita panggil sebagai Ibu Sadek. Topik hari kedua ini, Ibu Sadek ingin membuka pikiran atau insight baru kepada para ibu-ibu untuk bagaimana caranya memilih dan mendapatkan bahan pangan murah, namun tetap berkualitas, memenuhi gizi seimbang, memberi manfaat kesehatan, serta mencegah terjadinya stunting pada anak. Selama pembawaan materi berlangsung, para peserta banyak menunjukkan reaksi terkejut sebab sebagian besar dari mereka baru mengetahui dan mengenal lebih dalam mengenai stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis ini. Namun tidak perlu banyak waktu untuk para peserta kembali tenang, karena Ibu sadek juga memberikan tips-tips yang sangat bermanfaat dan mudah demi mencegah stunting, yaitu dengan menerapkan metode “Isi Piringku” yang telah sempat disinggung pula pada hari pertama sebagai porsi komponen makanan ideal untuk si kecil.

Gambar 2. Ibu Nur Fathonah Sadek sebagai pemateri PPM 2021 hari kedua berfoto bersama E-sertifikat dan plakat

Pada hari ketiga, sekaligus hari terakhir dari kegiatan PPM tahun ini, HIMFOODTECH dan SISP mengundang dokter spesialis anak konsultan pencernaan dan hati, yaitu dr. Ariani D. Widodo sebagai pembawa materi ahli dengan topik “Pentingnya Gizi Seimbang untuk Dukung Keseimbangan Mikrobiota dan Imunitas Anak Guna Cegah Stunting”. Dengan singkat, padat, dan jelas, dr. Ariani mengingatkan bahwa penting sekali menjaga keseimbangan mikrobiota saluran pencernaan tetap baik sebagai salah satu kunci pencegahan stunting pada anak. Topik ini memberikan pemahaman baru kepada para ibu-ibu, bahwa mikrobiota usus di saluran pencernaan berperan penting dalam fungsi pertumbuhan, proteksi atau imunitas, dan kesehatan fisik maupun mental selama tumbuh kembang anak.

Gambar 3. Dr. Ariani D. Widodo sebagai pemateri PPM 2021 hari ketiga berfoto bersama E-sertifikat dan plakat

  • Sesi tanya jawab

Setelah sesi pemaparan materi berakhir, kegiatan selanjutnya adalah QnA. Di sesi ini para peserta dipersilahkan untuk bertanya kepada pembawa materi mengenai materi yang telah dibagikan melalui kolom chat pada zoom ataupun berbicara langsung dengan raise hand. Pada hari pertama, peserta langsung menunjukan antusiasme mereka dengan menanyakan banyak pertanyaan di chat maupun secara langsung. Evie selaku moderator dari acara PPM ini mempersilahkan para ibu-ibu untuk bertanya kepada pembicara. Seiring berjalannya waktu, para peserta semakin aktif lagi bertanya pada pembicara, sampai akhirnya Evie harus memberhentikannya secara paksa dikarenakan keterbatsan waktu yang kita miliki. Pada hari kedua, salah satu dosen dari Food Technology Binus University yang membawakan materinya. Sama halnya dengan hari pertama, semua moms yang berpartisipasi dalam webinarnya menunjukan antusiasme yang sangat tinggi dengan bertanya di chat zoom dan berbicara secara langsung. Pada hari ketiga, materi dibawakan oleh narasumber dari luar, yaitu Dr. Ariani D. Widodo. Para ibu-ibu yang hadir juga menunjukan antusias mereka dalam bertanya melewati chat zoom dan berbicara secara langsung. Setiap pertanyaan dari peserta tersebut akan dijawab secara langsung oleh pembawa materi. Selama tiga hari itu, terlihat bahwa semua peserta punya semangat yang luar biasa dalam menanggapi setiap materi yang mereka dengar. Salut banget deh sama para ibu-ibu yang hadir di acara PPM kemarin.

Gambar 4. Sesi Tanya Jawab Antara Pembicara dengan Peserta

  • Sesi permainan Fill in the blank

Pada sesi games semua berjalan dengan lancar, para peserta aktif menunjukkan semangat yang tinggi dan sangat menikmati games yang disediakan oleh para panitia. Dalam tiga hari, kita bermain game fill in the blank dengan pertanyaan seputar materi setiap harinya yang pastinya bervariasi. Pada hari pertama games fill in the blank dimenangkan oleh Ibu Tri Gustina. Pada hari kedua games fill in the blank dimenangkan oleh Ibu Uswatun Khasanah, Ibu Widita Putri, dan Ibu Anenda. Pada hari terakhir games fill in the blank dimenangkan oleh Ibu Anindya Rahmawati dan Ibu Rizka Novera. Tiap peserta yang beruntung memenangkan games berhak mendapatkan sertifikat donasi pohon kelor, dipersembahkan oleh Satu Ibu Satu Pohon (SISP) untuk dibagikan kepada ibu-ibu prasejahtera di Indonesia.

Gambar 5. Dokumentasi Pemenang Game Fill In The Blank

  • Sesi dokumentasi dan penutupan acara

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan tema “Pentingnya Gizi Seimbang pada 1000 Hari Pertama Kehidupan” yang diadakan dalam rangkaian 3 hari utama ditutup dengan sesi dokumentasi bersama. Sesi dokumentasi ini meminta panitia dan peserta membuka kamera dan menampilkan senyum terbaiknya yang dipandu oleh Rahel selaku mc dan dibantu oleh pihak operator untuk mengabadikan momen tersebut. Tak lupa setelah sesi dokumentasi selesai, MC menutup rangkaian acara pada masing-masing hari dengan berdoa bersama dan kemudian MC mewakili seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang terlibat dalam rangkaian acara PPM 2021.

Gambar 6. Dokumentasi Hari Pertama

Gambar 7. Dokumentasi Hari Kedua

Gambar 8. Dokumentasi Hari Ketiga