LACTOSE 9.0 : CHOCO (Challenge Yourself to be More Confident and Communicate Well)

LACTOSE 9.0 : CHOCO (Challenge Yourself to be More Confident and Communicate Well)

Pembukaan (Open Gate-Kata Sambutan)

Pada tanggal 26 Maret 2022, kepengurusan HIMFOODTECH secara resmi menyambut anak-anak aktivis melalui kegiatan LDK-A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) yang bertema CHOCO (Challenge Yourself to be More Confident and Communicate Well). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom, hal ini dikarenakan kondisi pandemi yang menjadi hambatan juga dalam pelaksanaan LDK-A ini secara langsung. Ruangan zoom dibuka dari pukul 15:30 sampai dengan 15:40. Acara ini dibuka dengan MC, yaitu Betrand Erony dan Lidwina Feren. Dilanjutkan juga dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Rachela Maulinasari. Setelah doa pembuka selesai, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Sharleen Calista selaku ketua dari LDK-A. Sharleen menyemangati para aktivis supaya dapat mengikuti rangkaian acara LDK-A dengan baik dari awal sampai akhir acara. Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Erica Fidelia selaku ketua umum dari HIMFOODTECH. Erica menghimbau para aktivis untuk dapat mengikuti kegiatan acara LDK-A ini dengan baik dan sungguh-sungguh karena bekal yang dapat dibawa akan sangat berguna untuk kedepannya dalam berorganisasi.

Kegiatan LDK-A ini terdiri dari 3 pemaparan materi yang sangat berguna untuk para aktivis. Selain itu terdapat juga pre-test dan post-test pada kegiatan LDK-A ini untuk menentukan pemahaman dari para aktivis sebelum dan sesudah pemaparan materi. Pre-test ini dilakukan setelah pembacaan peraturan dari MC, pre-test bertujuan untuk mengukur pemahaman aktivis sebelum menerima ke 3 materi yang tersedia. Pre-test berbentuk google form yang dapat diisi oleh para aktivis dengan durasi selama 15 menit untuk waktu pengerjaanya.

Pemaparan Sesi Materi 1 dan Tanya Jawab

Materi yang pertama ini dibawakan oleh para DPI umum, yakni Erica Fidelia dan Aisyah Awanda Prameswari. Materi pertama ini lebih memfokuskan pembahasan pada sejarah-sejarah dari HIMFOODTECH, topik ini berisi penjelasan tentang awal perjalanan berdirinya HIMFOODTECH serta visi dan misi dari HIMFOODTECH itu sendiri. Selain itu, Erica dan Aisyah juga menjelaskan tentang setiap logo yang terdapat pada HIMFOODTECH disertakan arti dari setiap logo tersebut yang merupakan identitas dari organisasi HIMFOODTECH. Setelah DPI umum selesai menyampaikan materinya, selanjutnya adalah sesi QnA, dimana para aktivis dipersilahkan untuk bertanya tentang kebingungan dan keraguan mereka terhadap history of HIMFOODTECH. Ketika sesi ini dibuka langsung ada pertanyaan dari salah satu aktivis yang bertanya tentang “bagaimana cara untuk menjaga rasa solid di tengah masa-masa pandemi seperti ini ?”. Pertanyaan langsung dijawab oleh para DPI umum, beberapa saat setelah pertanyaan itu, tidak ada aktivis yang ingin kembali bertanya. Erica dan Aisyah pun berinisiatif untuk melontarkan pertanyaan pada aktivis tentang materi yang mereka bawakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap aktivis yang sudah tidak mau bertanya, benar-benar mengerti materi yang telah disampaikan.

Games Ice Breaking

Ice Breaking dilakukan setelah pemaparan materi 1 selesai. Dilakukannya ice breaking ini bertujuan untuk menyegarkan kembali para calon aktivis yang telah mengikuti materi satu dengan seksama. Tema ice breaking kali ini adalah tebak lagu berdasarkan emoticon. Calon aktivis ditantang untuk menebak judul lagu Indonesia dan mancanegara berdasarkan emoticon yang muncul. Calon aktivis mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Mereka menjawab soal yang terlihat sulit dengan mudah. Semua aktivis dan panitia tertawa dengan lepas melepas penat dari sesi sebelumnya.

Pemaparan Sesi Materi 2 dan Tanya Jawab

Pada pemaparan materi kali ini, materi yang diangkat adalah tentang self confidence yang dibawakan oleh Pak Reggie Surya selaku salah satu dosen food technology. Pembicara kali ini memberikan pemaparan pentingnya self confidence dan hubungannya dengan menjadi seorang pemimpin yang baik. Pada awal pemaparan Pak Reggie bertanya kepada seluruh peserta pemimpin mana yang paling kalian segani dan kenapa sembari menunjuk beberapa tokoh dunia. Sesi kali ini berjalan lebih interaktif dikarenakan Pak Reggie membawakan materi secara dua arah. Sesuai dengan temanya, para peserta LDK-A dituntut untuk lebih komunikatif. Pembicara juga meminta bantuan dari para calon peserta untuk membedakan sifat pemimpin dan boss serta memilih tipe apa yang peserta inginkan. 

Setelah sesi berakhir, dibuka sesi tanya jawab dan terdapat beberapa peserta LDK-A yang memberanikan diri untuk bertanya kepada Pak Reggie seputar self-confidence dan leadership. Banyak dari pertanyaan tersebut adalah tentang seputar meningkatkan kepercayaan diri dengan mudah. Selain itu, peserta juga menanyakan pentingnya memiliki kemampuan leadership dan communication yang baik untuk dapat menjadi pemimpin yang baik. Pada akhirnya, peserta mendapatkan wawasan baru untuk meningkatkan self confidence dan menjadi a great leader.

Post Test

Setelah pemaparan materi 1 dan 2, peserta diwajibkan untuk mengisi post test untuk mengetahui pemahaman mereka. Daripada itu, post-test ini juga bertujuan untuk mengecek apakah peserta menyimak materi dengan seksama atau tidak. Soal dari post-test ini tidak terlalu sulit dan seluruhnya berhubungan dengan materi 1 dan 2. Peserta mendapatkan waktu selama 10 menit dan mayoritas dari peserta tidak memerlukan waktu 10 menit untuk menyelesaikan soal. Hal tersebut menandakan bahwa peserta betul-betul menyimak dan memahami pemaparan materi yang diberikan. Sesi kemudian dilanjutkan dengan ishoma dikarenakan waktu bertepatan dengan Maghrib dan dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi 3

Pemaparan Sesi Materi 3 dan Tanya Jawab

Pada pemaparan materi yang bertemakan “Communication as a Future Leader’s Attribute” yang dibawakan oleh Daniel Santosos, S. TP. yang merupakan ketua umum HIMFOODTECH pada Angkatan 2016. Pembicara kali ini memberikan pemaparan materi mengenai bagaimana pentingnya komunikasi dalam kepemimpinan. Disini para peserta LDK-A belajar bagaimana untuk berkomunikasi yang baik saat menjadi seorang pemimpin, seperti berpikir sebelum berbicara, mengendalikan emosi, mau menerima kritikan, dan menjadi pendengar yang baik. Pembicara juga menjelaskan peranan dari komunikasi yang baik juga dapat menjalin hubungan antara lawan bicara yang baik. 

Selain itu, pada acara LDK-A ini peserta juga mendapatkan wawasan mengenai public speaking dan problem solving, agar setiap peserta dapat memberanikan diri untuk menyampaikan setiap pendapat atau opini dimuka umum juga dapat bersikap tenang dalam menyikapi masalah dan memikirkan satu atau dua langkah ke depan dari setiap keputusan yang diambil.  Pembicara juga mengingatkan bahwa penting dalam menjadi seorang pemimpin memiliki kerja sama yang penting antar anggota, sehingga setiap kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan kali ini, dibuka sesi tanya jawab dan terdapat beberapa peserta LDK-A yang memberanikan diri untuk bertanya kepada Kak Daniel mengenai bagaimana ketika sedang mempresentasikan achievement yang telah didapatkan namun terdapat beberapa orang yang menyikapinya atau menilai diri kita sombong, bagaimana mengkomunikasikannya agar terhindar dari komentar atau kritik dari orang lain dan bagaimana mengkomunikasikan informasi buruk di depan umum. Semua pertanyaan dijawab sangat detail dengan pembawaan yang santai, sehingga para peserta LDK-A mudah memahami jawaban dari Kak Daniel. Para peserta juga mendapatkan wawasan baru agar dapat memiliki komunikasi yang baik antara anggota himpunan atau diluar himpunan.

Aktivitas Kelompok

Sesi LDK-A yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 lalu, sesi aktivitas kelompok untuk para calon aktivis HIMFOODTECH mengikuti kegiatan kelompok yang sangat menyenangkan. Aktivitas kelompok ini seperti memberikan pendapat terhadap studi kasus yang diberikan. Antara kelompok 1 dengan kelompok 2 diharuskan untuk sesegera mungkin menyalakan fitur raise hand. Kelompok yang duluan menyalakan fitur raise hand akan diberikan kesempatan terlebih dahulu untuk memilih mystery box yang di dalam mystery box tersebut sudah diisikan studi kasus. Kelompok yang sudah membaca studi kasus akan diberikan waktu untuk berdiskusi selama 1 menit dan akan diberikan kesempatan selama 1 menit untuk menyampaikan pendapat terhadap studi kasus yang didapatkan. Setelah penyampaian pendapat, maka kelompok yang telat menyalakan fitur raise hand akan memberikan komentar terhadap pendapat kelompok yang sudah mengemukakan pendapat mengenai studi kasus terlebih dahulu. Kemudian, kelompok selanjutnya yang terlambat menyalakan fitur raise hand akan diberikan kesempatan kembali untuk memilih mystery box sebagai studi kasusnya. Setelah itu akan dilanjutkan dengan diskusi dalam kelompok dan mengemukakan pendapat selama masing-masing 1 menit. Setelah itu, kelompok pertama yang sudah mengemukakan pendapat di awal akan memberi komentar juga. Begitu seterusnya hingga akhir penyaringan kelompok. Kemudian akan disaring terus hingga mendapatkan kelompok yang paling unggul. Tujuan adanya aktivitas kelompok ini adalah selain membangun kerja sama dalam kelompok namun tentunya untuk berpikir secara kritis dan kreatif menangani permasalahan yang mungkin terjadi di dalam suatu organisasi yang mungkin melibatkan kedisiplinan, manajemen waktu, komitmen dan tanggung jawab dan kepercayaan diri.

Kesan Pesan Peserta dan Pengisian Exit Ticket 

Peserta LDK-A dan para panitia LDK-A 2022 mendengarkan kesan peserta untuk membangun rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapat di depan umum juga memberikan kritik ataupun saran pada panitia dan peserta LDK-A agar dapat tampil lebih baik lagi di acara lainnya. Saat sesi kesan pesan peserta LDK-A aktif dalam menyampaikan kesannya pesannya saat mengikuti acara LDK-A juga berharap peserta LDK-A dapat bekerja sama dan kompak satu sama lain. Setelah kesan pesan yang disampaikan oleh para peserta LDK-A panitia memberikan exit ticket sebagai bukti kehadiran para peserta LDK-A dari awal, pertengahan sampai akhir acara LDK-A ini.

Pengesahan Aktivis dan Pengumuman Pemenang

Seusai sesi inti dari acara LDK-A sudah dijalankan semua, peserta dari LDK-A akan berada di puncak acara dimana peserta akan secara resmi dilantik dan disahkan sebagai aktivis resmi HIMFOODTECH yang dilantik oleh ketua umum HIMFOODTECH, Erica Fidelia. Pengesahan aktivis ini menjadi sangat penting dan mengesankan karena menandakan bahwa aktivis secara resmi telah bergabung menjadi keluarga besar HIMFOODTECH dimana beban dan tanggung jawab yang akan dipegang di dalam organisasi akan dibagikan kepada aktivis. Setelah detik-detik kebanggaan dilantiknya para aktivis, suasana kembali cair dengan diumumkannya pemenang kelompok dari aktivitas kelompok yang telah dijalankan, yaitu kelompok 5. Selamat kepada kelompok 5!!

Sesi Foto

Tentunya, sesi dokumentasi tidak boleh ketinggalan terutama saat acara dijalankan secara daring, sesi foto ini akan menjadi kenang-kenangan terutama bagi aktivis dan panitia atas acara yang telah dipersiapkan dan diselenggarakan. Sesi foto juga menjadi tanda syukur bagi peserta dan panitia atas berlangsungnya acara LDK-A yang meriah dan lancar dari awal hingga akhir acara.

Kata Penutup dari Ketua LDK-A

Ketua LDK-A yaitu Sharleen Calista mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta yang turut hadir dan memeriahkan acara LDK-A tahun 2022 yang sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk tetap semangat hadir di acara LDK-A meskipun hanya dijalankan secara daring. Ketua LDK-A memberikan harapan-harapan kedepannya kepada para aktivis untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang sudah dimulai setelah pelantikan aktivis.

Doa Penutup

Acara yang diawali dengan doa perlu ditutup dengan doa juga. Tentu saja pengucapan doa ini tidak hanya bersyukur atas jalannya acara yang sudah dipersiapkan dengan penuh harapan sehingga acara bisa diselesaikan dengan baik tanpa adanya hambatan. Doa diucapkan dengan penuh khidmat dengan harapan bahwa kedepannya HIMFOODTECH agar semakin maju dengan dibantunya oleh para aktivis yang baru dilantik.

Selamat untuk para aktivis HIMFOODTECH 2022 !! Semoga dengan bergabung dengan HIMFOODTECH tentunya yang diharapkan adalah berkembangnya soft skills yang akan didapatkan nanti ! Selalu aktif dan penuh sukacita dalam mengemban tugas di HIMFOODTECH, ya !!

HIMFOODTECH ? Solidarity for Sustainability!

Drop here!
DIVISI OPERATOR (LDK-A 2022)