LACTOSE 7.0 2021: “OUTSHINE YOUR LEADERSHIP”

Oleh Lactose 7.0 Crew

  • Pembukaan dan Pemaparan Materi 1

Memulai kepengurusan baru pastinya diikuti dengan penyambutan anggota keluarga baru.

Pada tanggal 27 Maret 2021 lalu, kepengurusan HIMFOODTECH 2021 secara resmi menyambut para aktivis melalui kegiatan LDK-A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) dengan tema Creating Future and Creative Leaders. Kegiatan ini diselenggarakan secara online melalui Microsoft Teams karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara offline. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Kezia Atila selaku MC pada acara LDK ini.  Dengan semangat, Kezia mengajak para peserta untuk mengucapkan jargon Lactose 7.0 “Outshine Your Leadership”. Kemudian, acara dimulai dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Angela Viandri secara universal. Setelah doa pembuka selesai, kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua LDK-A, Javier Irsan. Javi menyampaikan beberapa patah kata untuk para peserta agar dapat mengikuti kegiatan LDK-A dengan khidmat.

Kegiatan LDK-A diisi dengan tiga pemaparan materi yang pastinya sangat bermanfaat bagi para peserta. Materi pertama dibawakan oleh Anselmus Sindhu selaku ketua HIMFOODTECH 2021 dengan topik History of HIMFOODTECH. Topik ini berisi penjelasan mengenai perjalanan awal terbentuknya HIMFOODTECH hingga saat ini. Selain itu, Ansel juga menjelaskan mengenai visi, misi, dan moto HIMFOODTECH 2021 serta arti dari logo HIMFOODTECH yang merupakan identitas organisasi. Materi ini pastinya sangat penting untuk para peserta agar dapat semakin mengenal HIMFOODTECH. Setelah Ansel selesai memaparkan materi, kegiatan selanjutnya adalah sesi QnA. Di sesi ini, para peserta dipersilakan untuk bertanya mengenai topik History of HIMFOODTECH. Karena pada awal sesi QnA tidak terdapat peserta yang mengajukan pertanyaan, Kezia pun berinisiatif untuk berinteraksi dengan para peserta dengan memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta terpilih, sekalian untuk memastikan nih apakah para peserta menyimak materi atau tidak.

Gambar 1. Kak Ansel sebagai pemateri sedang menyampaikan materinya tentang serba-serbi HIMFOODTECH

  • Materi sesi 2 dan tanya jawab

Pada pemaparan  materi yang bertemakan “Self Confidence” yang dibawakan oleh Ibu Diana Lo, STP, MSc, PhD yang merupakan ketua jurusan Food Technology Binus dan juga merupakan salah satu dosen. Disini para peserta yang tidak berani untuk menyalakan kamera selama sesi berlangsung, disinggung sedikit oleh pembicara dikarenakan self-confidence yang rendah. Para peserta LDK A pun mulai menyalakan kameranya untuk membuktikan bahwa mereka memiliki self-confidence yang tinggi. Pembicara juga meyakinkan para peserta bahwa untuk menjadi pemimpin yang baik, diperlukan self-confidence yang baik untuk dapat memimpin sebuah tim dikarenakan kalau kita ragu dengan kepercayaan diri kita sendiri, bagaimana dengan orang lain? Oleh karena itulah, pembicara memberikan tugas ringan yaitu “Reflect on Yourself” dimana para peserta diminta untuk melihat kedalam dirinya dimana sisi kuat dari dirinya yang perlu dikeluarkan dan digunakan untuk meningkatkan self-confidence dan mana sisi lemahnya yang harus dikembangkan. Selain itu pembicara juga memberikan kata-kata motivasi yaitu “No poison can kill a positive thinker, and no medicine can cure a negative thinker”. Arti dari kata-kata tersebut adalah kita harus sebisa mungkin menjauhkan diri dari pikiran-pikiran negative dan perbanyak pikiran-pikiran positif.

Pada kesempatan kali ini, dibuka sesi tanya jawab dan banyak peserta LDK-A yang  memberanikan diri untuk bertanya kepada Ibu Diana mengenai cara menghilangkan rasa insecure pada diri sendiri, cara menghilangkan minder disaat berbicara dengan orang banyak dan masih banyak lagi. Semua pertanyaan dijawab sangat detail dengan pembawaan yang santai sehingga para peserta LDK-A juga menikmati sesi tanya jawab ini. Pada akhir sesi ini, Ibu Diana berpesan kepada seluruh peserta untuk teruspercaya diri dan mau  berkontribusi dalam setiap event HIMFOODTECH.

Gambar 2. Ibu Diana sebagai pemateri sedang menyampaikan materinya tentang Self-Confidence in Leadership

  • Materi sesi 3 dan Tanya Jawab

Pada pemaparan materi yang bertemakan “TeamWork dan Time Management: Bekal Pemimpin Bertanggung Jawab” dibawakan oleh Ronaldo Yolanda, S. TP. yang merupakan pencetus terbentuknya HIMFOODTECH pada angkatan 2018. Pembicara kali ini juga memberikan challenge kepada peserta LDK-A untuk membagikan insight yang mereka dapatkan dalam LDK-A melalui story instagram dan 3 orang terpilih akan mendapatkan hampers special. Disini, para peserta LDK-A belajar mengenai kepemimpinan yang dapat memberi kekuatan (empower), dan mengajak orang lain untuk ikut berkontribusi. Leadership juga merupakan sebuah seni bagaimana suatu pemimpin dapat memimpin dan dapat menginspirasi orang lain. Untuk melakukan hal tersebut, haruslah dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu agar dapat menjadi role model atau contoh bagi orang disekitarnya. Peserta LDK-A juga mempelajari empat pilar dari teori leadership oleh Chris Lowney. Selain belajar mengenai kepemimpinan, peserta LDK-A juga belajar bagaimana cara berkolaborasi, dan belajar manajemen waktu yang baik. Tidak hanya itu, kepercayaan diri juga merupakan poin penting dalam kehidupan organisasi. Sehingga pada akhirnya para peserta LDK-A dapat mengambil kesimpulan dari materi ini yaitu leadership adalah suatu proses belajar yang harus dinikmati, harus menemukan tujuan dan mengambil peran, harus percaya diri dan mau memberikan dirinya untuk berkontribusi dalam setiap event HIMFOODTECH.

Gambar 3. Kak Ronaldo sebagai pemateri sedang menyampaikan materinya tentang Team Work dan Time Management: Bekal Pemimpin Bertanggung Jawab

Pada kesempatan kali ini, dibuka sesi tanya jawab dan banyak peserta LDK-A yang  memberanikan diri untuk bertanya kepada kak Ronaldo mengenai tindakan yang harus dilakukan apabila terdapat kepemimpinan yang tidak disukai oleh banyak orang, apakah seseorang yang tidak dapat mengambil keputusan tidak dapat menjadi pemimpin, bagaimana cara konsisten terhadap pilihan yang telah dipilih, dan masih banyak lagi. Semua pertanyaan dijawab sangat detail dengan pembawaan yang santai sehingga para peserta LDK-A juga menikmati sesi yang sedang berjalan dan tentunya tetap mendapatkan materi dan wawasan baru sebagai bekal bagi para peserta LDK-A untuk mengikuti berbagai macam event dalam HIMFOODTECH.

  • Aktivitas

Pada sesi LDK-A yang dilaksanakan pada Sabtu, 27 Maret 2021 lalu, pada sesi aktivitas para calon aktivis HIMFOODTECH mengikuti kegiatan debat dengan bertemakan kedisiplinan, manajemen waktu, komitmen, tanggung jawab serta kreativitas. Masing-masing kelompok akan masuk ke dalam pos secara bergantian sesuai arahan dari PIC kelompok. Di dalam masing-masing pos tentunya ada harapan yang ingin dicapai dan dilihat dari para calon aktivis bagaimana para calon aktivis dengan waktu terbatas mengemukakan pendapatnya terhadap studi kasus yang telah diberikan dengan menggunakan pikiran kritisnya. Aktivitas yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam menghasilkan hasil yang luar biasa dimana para calon aktivis yang memang belum mengenal satu sama lain dengan teman kelompoknya tetapi tetap membantu teman yang sedang berbicara mengemukakan pendapat. Antusias bisa dirasakan saat para calon aktivis berdebat mengemukakan pendapatnya meskipun hanya sebatas LDK-A secara daring. Harapan dari adanya sesi aktivitas ini bagi para calon aktivis adalah dimana calon aktivis bisa semakin mengasah kemampuan untuk berfikir kritis, mengedepankan kedisiplinan, manajemen waktu yang baik, komitmen dan tanggung jawab yang harus dijalankan sejak pertama memilih bergabung dalam organisasi serta mengeluarkan ide-ide kreatif selama berada di dalam himpunan dan tidak ketinggalan juga untuk kerja sama tim agar tercipta selama bekerja di dalam himpunan.

Gambar 4. Salah satu studi kasus pada sesi aktivitas yang berlangsung pada pos 2

  • Kesan pesan peserta

Peserta LDK-A dan para panitia LDK-A 2021 mendengarkan kesan pesan peserta untuk membangun rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat di depan umum dan juga memberi masukan kepada panitia dan peserta LDK-A untuk tampil lebih baik lagi di acara selanjutnya. Saat sesi kesan pesan peserta ini, banyak peserta LDK-A yang aktif dalam memberikan kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan LDK-A. Banyaknya peserta LDK-A yang turut aktif dalam memberikan kesan dan pesan peserta membuat suasana LDK-A sedikit mencair dan santai sehingga peserta bisa sedikit tercairkan suasananya setelah melalui aktivitas sebelumnya.

  • Pengesahan aktivis dan pengumuman pemenang

Setelah semua sesi inti LDK-A selesai, maka para peserta LDK-A sudah berada pada puncak acara dimana peserta LDK-A akan secara resmi dilantik atau disahkan sebagai aktivis resmi HIMFOODTECH oleh ketua umum HIMFOODTECH. Dilakukannya pengesahan aktivis ini menjadikan aktivis secara resmi telah bergabung ke dalam keluarga HIMFOODTECH dimana beban dan tanggung jawab yang ada di dalam organisasi mulai dibagi kepada aktivis. Setelah detik-detik menegangkan pengesahan aktivis, suasana kembali tercairkan dengan diumumkannya pemenang kelompok dari aktivitas debat yang telah dilakukan.

Gambar 5. Sesi foto bersama dan pengesahan aktivis

  • Sesi foto

Sesi dokumentasi menjadi sesi wajib apabila masih menyelenggarakan acara secara daring, dimana sesi dokumentasi dilakukan untuk mengenang acara yang telah diselenggarakan. Pada sesi foto semua peserta dan panitia sembari mengucap syukur atas berjalannya LDK-A dengan lancar dari awal hingga akhir acara.

  • Kata penutup dari ketua LDK-A

Ketua LDK-A yaitu Javier Fahim Irsan mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta LDK-A yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di acara LDK-A meskipun secara daring. Ketua LDK-A memberikan harapan-harapan ke depannya kepada para aktivis untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang sudah dimulai setelah pengesahan resmi.

  • Doa penutup

Tentu saja, acara akan dibuka dengan doa pembuka dan akan ditutup dengan doa penutup dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan YME yang membantu juga dalam mewujudkan acara LDK-A serta melancarkan acara LDK-A sehingga tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Demikian acara LDK-A selesai.

Selamat untuk para aktivis HIMFOODTECH 2021 !! Semoga dengan bergabung dengan HIMFOODTECH semakin bisa mengembangkan soft skills yang kalian miliki ya ! Selalu aktif, semangat dan penuh sukacita dalam menjalankan tugas di HIMFOODTECH.

HIMFOODTECH ? ONE FOR ALL, ALL FOR ONE.